Ani Yudhoyono Didiagnosis Kanker Darah, 5 Gejala Leukimia yang Sering di Disepelekan !

0
549
Demo 4 November
Copyright©rayapos

Terkait Kanker Darah yang diderita Ani Yudhoyono, Berikut ini Gejala Leukimia yang Diabaikan !

Indowarta.com – Kabar yang sempat membuat terkejut keluarga mantan dari Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Karena, pada Sabtu (2/2/2019) kondisi mantan ibu negara, Ani Yudhoyono mendadak drop. Hal tersebut yang membuat Ani Yudhoyono harus dirawat di National University Hospital Singapura.

Baca Juga : Kubur Ari-ari Cucunya Di Kritik Netizen, Jawaban Ani Yudhoyono yang Menohok Tapi Anggun!

Usai dirawat beberapa hari, akhirnya diketahui jika Ani Yudhoyono yang didiagnosis menderita kanker darah. Sementara informasi yang diungkapkan langsung oleh SBY melalui sebuah video. “Dengan rasa prihatin, saya sampaikan kepada para sahabat di Tanah Air, Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah,” kata SBY dari Singapura.

Copyright©instagram

“Atas nama Ibu Ani dan keluarga besar SBY, saya mohon doa dari para sahabat agar Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa dengan takdir dan kuasanya, memberikan kesembuhan kepada istri tercinta Ibu Ani, atau Kristiani Herawati binti Sarwi Edhie Wibowo, agar Ibu Ani dapat kembali menjalankan kegiatan sehari-harinya di tanah air,” lanjut SBY.

WAJIB BACA :  Rayakan HUT MPR RI, Zulkifli Hasan Siap Undang SBY, Prabowo Hingga Megawati!

Leukemia adalah kanker yang menyerang sumsum tulang belakang, sehingga tidak bisa memproduksi sel-sel darah merah dan trombosit yang cukup.

Berikut ini gejala leukimia yang sering diabaikan dan disangka sebagai penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue). Berikut ini ulasannya seperti yang dikutip dari Reader’s Digest :

1 Sesak napas

Saat seseorang lebih lemah dan lebih letih, lantas mereka mengalami sesak napas yang berasal dari anemia. Dalam kasus yang lebih jarang, ada massa di dada.

“Mereka terengah-engah, kehabisan nafas. Berjalan melintasi ruangan mungkin sulit,” jelas Dr. Levis.

2 Memar yang berlebihan atau spontan

Memar tanpa trauma fisik dapat sebagai tanda gejala leukemia, menurut Pamela Crilley, DO, ketua departemen onkologi medis di Cancer Treatment Centers of America dan kepala onkologi medis di Eastern Regional Medical Center. Memar yang tak biasa bisa sebagai jumlah trombosit yang rencah, ungap Dr. Levis.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Inikah Hal yang Dibicarakan Jokowi dan SBY di Istana Hari Ini?

Anda akan memar secara spontan, padahal tidak melakukan apa-apa,” katanya.

3 Gusi membengkak dan membesar

Adanya peningkatan ukuran gusi, biasanya ditemukan pada sebagian kecil pasien leukemia akut. Tetapi, itu merupakan gejala leukimia yang paling jelas.

“Jika Anda memiliki pasien dengan leukemia, Anda selalu melihat di mulut mereka untuk melihat apakah gingiva semakin membesar,” kata Dr. Crilley.

Baca Juga : Jadi Cagub DKI 2017 Termuda, Anang Hermansyah Apresiasi Keberanian Agus…

4 Merasa kenyang atau kembung

Salah satu tanda jenis leukemia kronis dan akut yakni pembesaran limpa, yang dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan. Hal tersebut dikarenakan pasien merasa kenyang. Atau disebut kekenyangan awal, menurut Dr. Crilley.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Anas Urbaningrum Ungkap Arahan SBY Soal Proyek E KTP!

“Pasien makan sedikit makanan, mereka merasa cepat kenyang karena limpa mendorong ke atas perut,” jelasnya.

5 Ruam kulit

Yakni leukemia pada kulit, atau ruam karena adanya Sindrom Sweet, yang sering dikaitkan dengan leukemia, menurut Dr. Levis.

Leukemia pada kulit hampir selalu tampak seperti kulit Anda memiliki benjolan yang dimasukkan ke dalam kulit. Gundukan kecil mulai tumbuh. Kadang-kadang itu bisa menjadi seperti plak,” tambahnya.

Dikatakan, Sindrom Sweet, terlihat tampak merah, yang mirip dengan reaksi alergi.

Baca Juga : Sri Mulyani Mengaku Mundur dari Tim Sukses Jokowi-Ma’ruf, Ini Alasannya !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here