Indopos Dinyatakan Bersalah Lantaran Sebarkan Berita Ahok Gantikan Ma’ruf Amin Jadi Wapres !

0
368
Copyright©kompas

Dewan Pers Putuskan Indopos Bersalah atas Berita Ahok Gantikan Ma’ruf Jadi Cawapres !

Indowarta.comDewan Pers yang menyatakan bahwa Indopos bersalah sebab pemberitaan ihwal kemungkinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang menggantikan posisi Ma’ruf Amin yakni sebagai Wakil Presiden apabila terpilih nanti. Hal tersebut yang diutarakan oleh Direktur Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional

Lanjut Baca : Maraknya Berita Hoaks, Polisi Diminta Tidak Sembarangan Pidana Orang !

(TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Ade Irfan Pulungan, setelah mengikuti proses ajudikasi di Dewan Pers, Jakarta, Jumat (22/2/2019).

Copyright©liputan6

“Dalam proses ajudikasi tadi sudah diputuskan tentang masalah tersebut. Alhamdulillah kami mensyukuri dinyatakan Indopos bersalah Kode Etik Jurnalistik Pasal 1,2, 3, dan 4,” ujar Irfan saat membacakan rekomendasi Dewan Pers di Posko Cemara, Menteng, Jakarta, Jumat (22/2/2019).

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Massa Pro Ahok Gelar Aksi Di Depan Mako Brimob!

Indopos yang lantas dinyatakan telah melanggar tentang Pasal 1 Kode Etik Jurnalistik sebab dianggap telah membuat berita tak berdasarkan informasi yang akurat. Disamping itu, mereka juga telah melanggar Pasal 2 sebab tetap memberitahukan kabar yang tak berdasarkan atas fakta dan sumber yang akurat.

Lanjut Baca : Sebarkan Berita Hoaks, Ratna Sarumpaet Dikatakan Mengubur Dirinya Sendiri !

Disamping itu, mereka yang lantas dinyatakan telah melanggar Pasal 3 sebab tidak melakukan uji informasi soal berita yang akan dimuat. Adapun Indopos yang telah dinyatakan melanggar Pasal 4 sebab tak mengembangkan informasi sejak awal yang telah diberitakan oleh media lain yakni dinilai sebagai konten yang mneyesatkan.

Lepas dari itu, mereka yang dinilai telah melanggar Pedoman Pemberitaan Media Siber Pasal 5a dan 5c sebab telah mencabut berita di media siber indopos.co.id yakni mengubahnya lalu mengunggah lagi namun atas inisiatif sendiri tanpa disertai dengan alasan yang jelas.

WAJIB BACA :  Begini Cerita Ulama yang Jadi Tim Sukses Ahok Di Belitung Timur, Alhamdulillah !

“Dalam waktu dekat ini kami akan sampaikan hak jawab. Pemberitaan yang mereka lakukan pada 13 Februati itu dinyatakan Hoaks baik itu terhadap media online atau cetaknya. Jadi mereka mengakui kesalahan mereka,” lanjut Irfan.

Lanjut Baca : Kubu Jokowi Curiga Ada Faktor Intelektual dalam Kasus Hoaks Surat Suara !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here