Video Viral SBY Suruh Coblos Paslon Jokowi-Amin, Ini Deretan Faktanya !

0
203
Copyright©okezone

Terkait Video SBY Suruh Pilih Paslon Jokowi-Amin, Begini Faktanya !

Indowarta.com – Di media sosial beredar video yang memperlihatkan Ketum partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY yang mendukung pasangan nomor urut 01. Dimana dalam video tersebut yang dinarasikan terlihat SBY tengah mendukung pasangan nomor urut 01 di Pilpres 2019, Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Lihat Juga : SBY Berpesan, Prabowo-Sandi Tak Buat Rakyat Bingung Saat Debat Capres-Cawapres !

Seperti yang dibagikan oleh fanpage “Nyinyir Jokowi” di Facebook. Melalui unggahan yang diketahui telah dibagikan lebih dari 1.360 kali per tangkapan layar tersebut dibuat, yang turut dilengkapi dengan narasi seperti dibawah ini :

Copyright©kompas

“Waduh pak SBY kok gitu sih, suruh coblos nomor 01 @Jokowi Amin.

Kasihan kan pak, ada yang akan punah.

#OrangBaikPilihJokowi

#JokowiLagi

#01_IndonesiaMaju”.

Sementara berdasarkan penelusuran yang telah dilakukan Ariwibowo Sasmito, Co-Founder Head of Fact Checker Commite di Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) yang memberikan kesimpulan, jika informasi itu sebagai konten yang telah dimanipulasi. Yang mana saat informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu.

Adapun hal tersebut yang dikategorikan sebagai konten yang salah. Yang mana saat konten yang asli dipadankan dengan konteks informais yang salah.

“Jadi, video itu diedarkan mendekati pemilihan presiden, untuk membangun premis bahwa SBY mendukung pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1,” jelas Aribowo, Sabtu (23/2/2019).

Lihat Juga : Terdapat 14 Prioritas SBY yang Hilang Lantaran Munculnya Kebijakan Jokowi !

Ia menerangkan, video yang telah dibagikan oleh akun Nyinyir Jokowi tersebut yang telah melalui proses penyuntingan. Diketahui dari durasi video asli yakni 0:30 (30 detik), bukan 0:14 (14 detik) seperti yang diunggah oleh akun Nyinyir Jokowi. Dimana video aslinya yang dapat dilihat di channel Youtube “Relawan 1Nusa”

Dengan judul: “DUKUNGAN PAK SBY… Nomor 1 Pilihan Kita Kalimantan Selatan”. Diketahui video tersebut yang telah dipublikasikan sejak 30 November 2015. Sementara dalam video tersebut terdapat deskripsi yang ditulis “Nomor 1 Pilihan Kita”.

“Pada intinya, ini pelintiran daur ulang. Konteks video sesungguhnya adalah dukungan ke pasangan Cagub dan Cawagub Kalimantan Selatan pada tahun 2015, bukan dukungan ke Jokowi seperti premis yang dibangun oleh pembuat postingan,” tegasnya.

Lihat Juga : Jelang Debat Perdana, SBY Dikabarkan Sudah Berikan Tips ini ke Prabowo-Sandi !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here