Hati-hati, Calo Pembuatan Paspor Marak di Situs Jual Beli Online !

0
237
Copyright©sindonews

Waspada, Jasa Pembuatan Paspor Banyak Beredar di Situs Jual Beli Online !

Indowarta.com – Praktir percaloan pembuatan paspor yang hingga kini masih terus terjadi, walaupun Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang telah membuat sistem pendaftaran secara online untuk mengantisipasi adanya praktik calo. Yang mirinya, praktik percaloan tersebut malah terjadi dibeberapa situs jual beli online.

Lanjut Baca : Warga Ramai-Ramai Bikin Paspor, Plt Gubernur Aceh Surati Kemenhub !

Dimana situs-situs jual beli online itu yang telah menemukan adanya penjualan layanan jasa pembuatan paspor. Melalui situr tersebut, penjual yang menulis jasanya yakni berjudul “Nomor antrean imigrasi untuk pembuatan paspor”. Berdasarkan keterangannya, si penjual tersebut yang mengatakan jika dia hanya menjual jasa pemesanan nomor antrean untuk pembuatan paspor online dan menegaskan jika dirinya bukan calo.

WAJIB BACA :  Warga Ramai-Ramai Bikin Paspor, Plt Gubernur Aceh Surati Kemenhub !
paspor indonesia
Copyright©Cermati

Terlebih, ada penjual yang membuat iklan yang bertuliskan “Bikin paspor mudah, bisa dicicil 0%”. Diketahui bahwa jasa ini dijual dengan harga mulai dari Rp250.000. Komisi I dan Komisi III DPR yang mneyesalkan adanya praktik semacam itu. oleh sebab itu, melalui sidang yang akan datang, dua komisi itu bakal

Mempertanyakan secara langsung kepada Dirjen Imigrasi dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Diketahui anggota Komisi III DPR Sufmi Dasco Ahmad yang mengatakan baru mengetahui mengenai informasi jual beli jasa pembuatan paspor di situs jual beli online itu. namun yang pasti, perlu diketahui lebih lanjut

Lanjut Baca : Polisi Sudah Kembalikan 5.576 Paspor Korban Penipuan First Travel!

Bagaimana situs-situs tersebut dapat dengan mudah untuk menjual jasa pembuatan paspor. Apakah mereka ada hubungan dengan orang dalam di Ditjen Imigrasi atau tidak.

WAJIB BACA :  Warga Ramai-Ramai Bikin Paspor, Plt Gubernur Aceh Surati Kemenhub !

“Tapi, kalau dia memang ada hubungan dengan orang dalam, dia enggak boleh, jasanya ini mesti jelas dulu, jasa mengurus online-nya, atau dia ada hubungan dengan orang Imigrasi,” kata Dasco kepada KORAN SINDO di Jakarta kemarin.

Berdasarkan keterangan Dasco, hingga kini pembuatan paspor secara online tersebut yang telah disediakan secara langsung oleh Ditjen Imigrasi yakni melalui situs resmi serta aplikasi yang disediakan oleh Ditjen Imigrasi.

Lanjut Baca : Mulai Besok, Paspor Korban First Travel Akan Dikembalikan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here