Survei Roy Morgan: Jokowi Raup 58 Persen, Prabowo 42 Persen !

0
248
Copyright©cnnindonesia

Survey Roy Morgan: Kebanyakan Pemilih Ingin Jokowi Dua Periode !

Indowarta.com – Lembaga survei asal Australia, Roy Morgan yang menyatakan jika calon presiden dengan nomor urut 01 Joko Widodo yang terbilang masih unggul atas capres nomor urut 02, Prabowo Subianto yakni dengan meraih angka 58 persen berbanding 42 persen pada bulan Januari 2019. Dimana keunggulan tersebut diantaranya,

Lanjut Baca : Survei Elektabilitas Capres 2019 Jokowi vs Prabowo Usai Debat ke-2 Pilpres 2019 !

Terjadi dalam kategori pemilih perempaun serta masyarakat pedesaan.

“Survei Roy Morgan menunjukkan bahwa Indonesia akan kembali memilih inkumben Jokowi untuk menjabat di periode keduanya sebagai Presiden. Jokowi mendapat dukungan 58 persen dari pemilih pada Januari, atau naik 5 persen dari (raihan suara) pada Pilpres 2014, dan kompetitornya, Prabowo, hanya mendapat dukungan 42 persen, atau turun 5 persen (dari Pilpres 2014),” tutur CEO Roy Morgan, Michele Levine, dikutip dari keterangan resmi di situsnya, Senin (4/3).

WAJIB BACA :  Jusuf Kalla Komentari Pertemuan Prabowo dan SBY!
Copyright©cnnindonesia

Adapun keunggulan yang cukup signifikan yang diraih oleh Jokowi atas Prabowo yakni pada segmen pemilih berdasarkan usia 25-34 tahun sebanyak (61 persen berbanding 38,5 persen) pemilih usia 35-49 tahun (59,5 persen berbanding 40,5 persen) serta pemilihh rentang usia 50 tahun keatas yakni sebesar (58,5 persen berbanding 41,4 persen).

Disisi lain, untuk kategori pemilih usia muda (17-24 tahun) adapun perbedaan elektabilitas dari kedua capres ini yang tak terlalu signifikan. Yaitu, 54,5 persen berbanding 45,5 persen. Sementara berdasarkan kategori asal pemilih, Jokowi yang dinilai lebih unggul dalam segi dukungan dari masyarakat pedesaan.

Lanjut Baca : Viral Foto Kekompakan Polisi bernama Jokowi dan Prabowo, Ini Potretnya !

Gap elektabilitas kepada Prabowo terlebih mencapai 27 persen, yaitu 63,5 persen berbanding 36,5 persen. Jokowi yang diketahui lebih unggul yang utama dari kandang banteng, Jawa Tengah yang meraih angka telak, 74,5 persen berbanding 25,5 persen, Jawa Timur dan Bali meraih angka 73 persen berbanding 27 persen.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Jangan Sampai Pak Jokowi Sama dengan Pak SBY. . .!

Walaupun terbilang unggul, rentang elektabilitas antara Jokowi dengan Prabowo yang terlihat tipis didaerah perkotaan, yakni dengan meraih angka 53 persen berbanding 47 persen. Adapun dukungan kepada Prabowo Subianto yang banyak menyasar dari Jawab Barat dan Jakarta, yakni Prabowo unggul 57 persen berbanding 45,5 persen atas Jokwi, termasuk Banten dan sejumlah provinsi-provinsi dibagian selatan Sumatera.

Lanjut Baca : BPN Minta Polisi Tangkap Relawan Jokowi yang Fitnah Prabowo Subianto !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here