Usai Kasus Sabu Andi Arief Dihentikan, Mabes Berikan Penjelasan !

0
738
Copyright©detikcom

Kasus Sabu Andi Arief Akhirnya Dihentikan, Begini Penjelasan Mabes Polri !

Indowarta.com – Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jendral Muhammad Iqbal yang belum lama ini telah mengatakan terkait penahanan politikus Partai Demokrat Andi Arief atas terjeratnya kasus penggunaan obat-obatan terlarang jenis sabu yang dihentikan, lantaran dalam pemeriksaan tersebut tidak ditemukan barang bukti.

Baca Juga : Polri Tanyakan asal Sumber IPW Terkait Teman Wanita Andi Arief Cepu !

“Karena tidak ada barang bukti, maka kasus ini tidak dilanjutkan ke tahap penyelidikan,” ujar Iqbal di Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN), Jakarta Timur, Rabu, 6 Maret 2019.

Disamping itu, tambah Iqbal, melalui pemeriksaan Andi Arief yang dinilai tidak ada hubungannya dengan jaringan pengedar obat-obatan terlarang. Sehingga dalam kasus ini, Andi Arief yang hanya dikategorikan ke dalam pengguna. Adapun, tambah Iqbal,

WAJIB BACA :  Polri Mengatakan Wanita yang Bersama Andi Arief Berinisial L !
Copyright©cnnindonesia

Melalui surat edaran nomor 01/II/2018/Bareskrim tentang Petunjuk Rehabilitasi Pecandu Narkotika dan Korban Penyalahgunaan Narkotika poin 2 huruf B, yang akhirnya tidak dilanjutkan menuju proses penyidikan, tetapi pengguna yang hanya dilakukan interograsi guna mengetahui lebih dalam mengenai sumber diperolehnya barang haram tersebut.

Hal serupa turut diungkapkan oleh Direktur Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah BNN Riza Sarasvita. Menurut dia ketentuan tersebut yang memang telah berlaku secara umum.

“Itu memang sudah ketentuan, dan berlaku secara umum,” ujar Riza.

Terlebih Riza yang menyatakan, proses rehabilitasi yang bakal dimulai yakni dengan observasi terhadap kondisi Andi Arief, yang utama adalah gejala yang timbul usai pemutusan dalam mengkonsumsi barang haram tersebut. ia menambahkan, gejala tersebut dapat terjadi dalam bentuk fisik dan psikologis.

WAJIB BACA :  Demokrat Berikan Toleransi untuk Kader yang Dukung Jokowi !

Baca Juga : Polri Mengatakan Wanita yang Bersama Andi Arief Berinisial L !

“Biasanya beberapa hari setelah adanya pemutusan mengkonsumsi narkotika akan mulai terlihat gejala-gejalanya, seperti gangguan berpikir, sakit,” ujarnya.

Diketahui bahwa mulai hari ini, Andi Arief hari menjalani masa rehabilitasi di BNN, adapun dia yang lantas mengaku siap untuk menjalani rehabilitasi. “Alhamdulillah, siap,” ujar Andi.

Sementara penasehat hukum Andi Arief, yakni Dedy Yahya yang menjamin jika kliennya bakal bersikap kooperatif saat menjalani rehabilitasi. “Pak Andi Arief kooperatif, dia tidak akan kabur,” ujar Dedy.

Baca Juga : Polisi Pulangkan Andi Arief, Dikenakan Wajib Lapor atau Rehabilitasi ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here