3 Prajurit TNI Gugur dalam Kontak Senjata dengan Kelompok Bersenjara di Papua !

0
297
Copyright©liputan6

3 TNI Ditembak Mati oleh KKB Papua, Pangdam Minta Tingkatkan Waspada !

Indowarta.com – Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cendrawasih Mayjen Yosua Pandit Sembiring yang mengatakan, kedatangan prajurit TNI di Papua untuk melindungi, bukannya untuk menakuti rakyat.

“TNI adalah pelindung rakyat,” tegas Yosua dalam upacara penerimaan Satgas TNI di Markas Yonif RK 751/VJS, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis 7 Maret 2019.

Baca Juga : TNI AL Temukan Hal Mengejutkan di Dasar Laut Selat Sunda Pasca-Tsunami Banten !

Dimana pernyataan tersebut yang diungkapkan di depan para prajurit TNI dari Yonif Raider 321/Galuh Taruna dan Yonif Raider 514/Sabbada Yudha yang diketahui bakal bertugas di Bumi Cendrawasih.

Copyright©liputan6

“Kalian adalah prajurit-prajurit pilihan yang bertugas melindungi rakyat Indonesia, karena itu jangan sekali-kali menakuti dan menyakiti hati rakyat dimana ditugaskan,” katanya dilansir dari Antara.

Ia menuturkan, Papua sebagai wilayah NKRI yang mempunyai nilai strategis bagi pertahanan negara dimana hal tersebut dapat mempengaruhi secara langsung akan kedaulatan negara.

“Masih terdapat kelompok kriminal bersenjata yang aktif melakukan teror, pembunuhan dan tindak kriminal lainnya baik terhadap aparatur negara maupun warga masyarakat,” ujarnya.

Disamping aksi kriminal, kelompok kriminal bersenjata yang diketahui selalu mengganggu program strategis nasional, misalnya pengerjaan proyek Trans Papua di Kabupaten Nduga.

“Karena itu, saya perintahkan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam setiap kegiatan,” ujar Pangdam.

Diketahui bahwa tiga prajurit TNI yang gugur usai diserang oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB), Kamis pagi, 7 Maret 2019. Adapun mereka yakni Serda Mirwariyadin, Serda Yusdin, dan Serda Siswanto Bayu Aji. Sementara Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Yoshua Pandit Sembiring yang lantas menyatakan jika

Ketiga prajurit TNI tersebut telah gugur saat menjalankan tugas mulia guna menegakkan kedaulatan negara.

Baca Juga : Kronologi Penembakan Anggota TNI, Diduga dari Senggolan Kendaraan !

“Mereka adalah pahlawan yang telah rela mengorbankan nyawanya demi menghadirkan rasa aman bagi Papua. Ini juga sekaligus membuktikan bahwa kelompok separatis bersenjata selama ini menjadi beban masyarakat Papua. Mereka tidak segan membunuh aparat dan warga sipil yang tidak mendukung mereka,” kata Mayjen Sembiring.

Disini, Pangdam yang menegaskan bahwa TNI bakal terus memberikan dukungan kepada Polri guna menegakkan hukum kepada aksi-aksi kelompok bersenjata yang diketahui telah meresahkan masyarakat papua.

“Kami tidak pernah dan tidak akan pernah mundur selangkah pun dalam menghadapi KKSB. Meskipun beberapa prajurit TNI-Polri telah gugur dalam tugas, namun kami tetap berkomitmen untuk melindungi warga masyarakat Papua dari teror yang dilakukan KKB,” ujar Pangdam.

Baca Juga : Lagi, Polisi Tangkap Pelaku Pengroyokan Anggota TNI di Ciracas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here