Terkait Penembakan di Selandia Baru, MUI Kaji Usulan Larangan Game PUBG !

0
260
Copyright©okezone

Wacana Pelarangan PUBG: Bisakah Game Dapat Sebabkan Kekerasan ?

Indowarta.com – Usai terjadi penyerangan bersenjata di dua masjid Selandia Baru yang menyebabkan 50 orang meninggal dunia, timbul usulan supaya game daring Player Unknown’s Battleground (PUBG) dilarang, lantaran dianggap dapat mendoronya generasi muda untuk mengarah ke terorisme. Sementara di Malaysia,

Ikuti Juga : Terkait Kabar PKI, Timses Jokowi-Ma’ruf Amin Akan Temui Ulama di Jabar !

Seorang ulama yang telah mengusulkan kepada pemerintah supaya menutup game online tersebut lantaran dinilai dapat mendoronya generasi muda ke arah terorisme. Hal serupa juga diungkapkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang masih mempelajari game tersebut yang dinilai tidak menutup kemungkinan bakal mengeluarkan fatwa akan keberadannya.

WAJIB BACA :  Hasil Pilkada DKI, Ketua MUI: Siapapun yang Terpilih Semua Harus Lapang Dada!
Copyright©twitter

Kita akan pelajari, kalau memang ditemukan efek kuat game itu memengaruhi orang, sehingga bisa mengubah karakternya atau membuat orang jadi hobi pada sesuatu yang buruk,” ucap Wasekjen MUI Pusat Muhammad Zaitun kepada BBC News Indonesia, Kamis 21 Maret 2019.

“Seperti teroris di New Zealand, itu kan seperti berdarah dingin betul. Ini juga kemungkinan karena game,” tambah dia.

Zaitun yang lantas mengatakan, MUI telah mengundang lapisan masyarakat guna memberikan informasi dan masukan soal dampak game PUBG kepada pemainnya. Disisi lain, Pemerintah Indonesia melalui Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu yang menyampaikan bahwa tak masalah dengan PUBG asalkan dimainkan sesuai dengan umur.

WAJIB BACA :  Ijtima’ Ulama yang Melahirkan Resolusi Baitul Maqdis

“Ya menurut kami orang bisa terinspirasi oleh apa saja. Kita jangan terlalu latah untuk ikut-ikutan menganggap game ini menjadi pemicu (aksi terorisme),” ujar Ferdinandus kepada BBC News Indonesia, Kamis 21 Maret 2019.

Ikuti Juga : Viral, Saat Ma’ruf Amin Dicuekin, MUI Sebut Itu Sebelum Jadi Cawapres !

Ia mengusulkan kepada kementerian supaya mengeluarkan peraturan untuk mengatur klasifikasi umur untuk bermain game tersebut. Ferdinandus yang menyayakan setidaknya PUBG harusnya dimainkan oleh pemain yang berumur diatas 13 tahun. Adapun pemerintah yang berusaha untuk tidak terlalu mengatur industri game di Indonesia.

“Kita jangan terlalu mengatur industri game karena mereka masih mencari bentuk seperti apa di Indonesia,” katanya.

WAJIB BACA :  MUI Dalami Pernyataan Rocky Gerung Soal “Kitab Suci Fiksi”

Melalui wawancara dengan BBC News Indonesia, Zaitun yang menyampaikan bahwa MUI bakal sangat berhati-hati sebelum mengeluarkan fatwa.

Ikuti Juga : MUI Katakan Sandiaga Uno Sah Disebut Ulama Jika Sukses Lewati 3 Tahap Ini !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here