Gunung Merapi Luncurkan Wesua Gembel Sejauh 1,5 Km, Warga Diminta Waspada !

0
206
Copyright©detik

Gunung Merapi 3 Kali Gugurkan Lava ke Arah Hulu Kali Gendol !

Indowarta.comGunung Merapi yang diketahui kembali memperlihatkan aktivitasnya di pagi ini, (27/3/2019). Dimana awan panas yang berguguran yang sering disebut dengan wedus gembel kembali dilontarkan yakni dengan jarak luncur,5 km. sementara Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida yang

Lanjut Baca : Berstatus Awas, Gunung Merapi Keluarkan Wedhus Gembel hingga 5 Kali !

Lantas menyatakan bahwa awan panas guguran yang terjadi yakni pada pukul 04.23 WIB, dikatakan awan panas tersebut berdurasi 150 detik.

Copyright©liputan6

“Jarak luncur mencapai 1.500 meter namun masih dalam jarak aman aktivitas masyarakat,” terangnya kepada SINDOnews, Rabu (27/3/2019).

WAJIB BACA :  Berstatus Awas, Gunung Merapi Keluarkan Wedhus Gembel hingga 5 Kali !

Dikatakan bahwa awan panas tersebut merupakan guguran dari Merapi yang mengarah ke tenggara atau hulu kali Gendol.

“Jarak aman masih tetap lebih dari radius 3 km dari puncak Merapi. Artinya sampai jarak tersebut kami rekomendasikan bebas dari aktivitas warga,” ulasnya.

Disamping awan panas yang berguguran, semenjak dini hari hingga pagi tadi, usai diamati telah terjadi guguran lava pijar yakni sebanyak dua kali. Dimana jaran luncur lava pijar tersebut mencapai 750-900 meter yakni menuju ke arah Kali Gendol. Dilihat secara meteorologi, keadaan puncak Merapi enam jam terakhir yang dikatakan berawan dan mendung.

Lanjut Baca : Gunung Merapi Berstatus Waspada, Warga Diminta Menjauh hingga Radius 3 KM !

Sementara angin bertiup lemah menuju arah barat yakni dengan suhu udara 18.2-21.4 derajata celcius, kelembaban udara 69-97% dan tekanan udara mencapai 569.3-720.2 mmHg. Secara visual, gunung terlihat jelas yakni dengan berkabut 0-II, sampai dengan kabut 0-III. Sementara asap kawah yang tidak teramati.

WAJIB BACA :  Gunung Merapi Meletus, Keluarkan Material Vulkanis, Warga Dihimbau Jauhi Jarak 3 KM

Dengan munculnya awan panas yang berguguran tersebut, warga sekitar diminta selalu waspada dengan kemungkinan munculnya hujan abu.

“Persiapan masker penting dilakukan bagai warga yang beraktivitas di sekitar Merapi,” pungkas Hanik.

Adapun status gunung Merapi hingga saat ini masih waspada, namun masih belum ada informasi lebih lanjut soal peristiwa ini. diharapkan warga sekitar yang tengah beraktivitas di seputaran gunung Merapi untuk selalu waspada.

Lanjut Baca : Dua Letusan Gunung Merapi Jumat Malam Merupakan Pelepasan Gas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here