Hari Ini UNBK SMA, Beberapa Peserta Masih Gunakan Kertas dan Pensil !

0
169
Copyright©tempo

Hari Ini Siswa SMA Mulai Jalani UNBK 2019, Ketahui Jenis Pelanggaran dari Level Ringan hingga Berat !

Indowarta.com – Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK 2019 yang digelar secara serentak untuk siswa tingkat SMA mulai digelar hari ini, Senin, 1 April 2019. Dimana sejumlah persiapan yang telah oleh masing-masing sekolah di sejumlah daerah. Dikatakan bahwa UNBK yang digelar selama empat hari. Sementara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika

Baca Juga : Hasil UNBK SMP 2018 Diumumkan Oleh Kemendikbud Hari Ini

yang lantas mengungkapkan terdapat 226.610 siswa tingkat SMA atau sederajat telah siap untuk mengikuti UNBK. Adapun di hari pertama ujian, siswa bakal mengerjakan soal mata pelajaran Bahasa Indonesia.

WAJIB BACA :  Dimulai April 2018, Ini Jadwal Lengkap UNBK!
UNBK, (1)
Copyright©fajar

“Insya Allah, seluruh SMA tersebut 100 persen menggunakan komputer dalam pelaksanaan UNBK. Sebanyak 1.589 SMA di Jawa Barat siap menghadapi UNBK,” kata Dewi Sartika di Bandung, Minggu, 31 Maret 2019.

Berdasarkan keterangan Dewi, pelaksanaan UNBK SMA yang telah dibagi dalam beberapa sesi hal tersebut dilakukan lantaran jumlah komputer yang masih terbatas.

“Jadi tetap ada (pembagian sesi), paling banyak tiga sesi. Jumlahnya sekitar 43 persen (dari seluruh SMA), kemudian yang dua sesi itu 35 persen dan yang satu sesi 22 persen,” kata Dewi menjelaskan.

Dewi melanjutkan, pelaksanaan UNBK sudah diantisipasi yakni dengan munculnya kendala, mulai dari masalah teknis hingga sumber daya manusia. Adapun pelaksanaan UNBK sebelumnya, yakni untuk SMK yang jadi evaluasi untuk ujian kali ini.  Dewi menyebutkan terdapat sekitar 90 siswa yang diketahui mengalami masalah ketika UNBK SMK.

WAJIB BACA :  Dimulai April 2018, Ini Jadwal Lengkap UNBK!

Baca Juga : Siapakah Pencuri Soal UNBK SMP di Surabaya?

Misalnya dari Medan, terdapat 146.888 siswa SMA sederajat di seluruh Sumatera Utara mengikuti UNBK 2019.  “Persiapan pelaksanaan ujian  di 33 kabupaten/kota sudah 100 persen,” ungkap Ketua UNBK Tingkat Provinsi Sumatera Utara, August Sinaga di Medan pada Minggu, 31 Maret 2019.

August menuturkan, sejumlah persiapan yakni dengan membuka posko layanan bantuan. Selain itu turut membuka pendampingan teknis yakni dengan melalui website UNBK untuk pelaksanaan sinkronisasi server sekolah dengan server pusat, yang terjadwal pada 29 – 30 Maret 2019.

Sementara persiapan UNBK SMA di Provinsi Lampung, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, Sulfakar, yang menyebutkan total siswa yang mengikuti ujian yakni sebanyak 50.081 siswa. “Semoga anak-anak bisa bersungguh-sungguh mengerjakannya dan meraih nilai yang memuaskan,” kata Sulfakar di Bandarlampung, Minggu, 31 Maret 2019.

Baca Juga : Dimulai April 2018, Ini Jadwal Lengkap UNBK!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here