Survei: Jokowi-Ma’ruf Amin Unggul di Kalangan Pemilih Muhammadiyah !

0
218
Copyright©antara

Berdasarkan Hasil Survei, Jokowi-Ma’ruf Amin Unggul di Kalangan Muhammadiyah !

Indowarta.com – Pasangan calon presiden-wakil presiden dengan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang lantas diklaim unggul di kalangan pemilih Muhammadiyah ketimbang paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dimana hal tersebut yang melihat hasil Indo barometer. Adapun survei tersebut yang dilakukan pada 15-21 Maret 2019 kepada 1.200 responden.

Baca Juga : Terkait Jatah Menteri Prabowo Subianto, Jurkam Jokowi: Hanya Ilusi Politik !

Sementara margin of error hanya sebesar 2,83 persen. Dimana metode pengumpulan data yang dipakai yakni dengan wawancara tatap muka kepada responden yang menggunakan kuesioner, dan responden survei yakni warga negara Indonesia yang disebut telah memiliki hak pilih berdasarkan peraturan yang ada,

WAJIB BACA :  Mulai Kampanye Akhir Tahun, Jokowi-Ma’ruf Incar Suara Nasionalis dan Religius !
Copyright©cnnindonesia

Yakni memiliki batas minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau telah menikah ketika survei ini dilakukan. Yang mana Indo barometer yang lantas mencatat jika Jokowi-Ma’ruf memperoleh suara sebanyak 45 persen pemilih dari Muhammadiyah. Sementara, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, 35 persen dari pemilih Muhammadiyah.

Dari kalangan Muhammadiyah yang tidak menandai atau menentukan pilihannya sebesar 20 persen, ” kata Peneliti Indo Barometer Hadi Suprapto di Senayan, Jakarta.

Hadi yang mengatakan, bahwa keunggulan dari Jokowi-Ma’ruf disebabkan lantaran mantan Wali Kota Solo tersebut yang kerap hadir dalam acara-acara yang berkaitan dengan Ormas tersebut.

“Bisa jadi selama ini Jokowi rajin turun ke tempat-tempat, kampus-kampus Muhammadiyah, kemudian mengajak tokoh Muhammadiyah yang kemudian memberikan simpati bagi pemilih Muhammadiyah itu sendiri,” kata Hadi.

WAJIB BACA :  Saat Prabowo Latihan Debat, Sandi Pura-Pura Jadi Jokowi !

Baca Juga : Tanggapi Ancaman People Power Amien Rais, Jokowi: Jangan Nakut-nakuti !

Disamping kalangan dari Muhammadiyah, Jokoi-Ma’ruf Amin turut unggul di kalangan pemilih Nahdlatul Ulama (NU) ketimbang Prabowo Subianto. Dimana kalangan ini Jokowi-Ma’ruf yang mampu meraih dukungan sebesar 54 persen. Sedangkan untuk Prabowo-Sandiaga yang hanya meraih dukungan sebesar 35 persen dari pemilih NU.

Survei Indo Barometer yang lantas memperlihatkan mayoritas muslim yang merasa telah diwakili oleh pasangan nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dari pada paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dari 1.200 total responden terdapat 87,9 persen yang diketahui beragama Islam, serta sebanyak responden 47,1 persen yang telah diwakili oleh Jokowi-Ma’ruf.

WAJIB BACA :  Galang Sumbangan Kampanye, Prabowo-Sandiaga Kantongi Lebih dari Rp2 Miliar !

“Sementara sebanyak 28,2 persen mengaku terwakili oleh pasangan Prabowo-Sandiaga. Sedangkan 24,7 persen tidak memberikan jawaban atau tidak tahu,” kata Hadi.

Baca Juga : TKN Ingatkan Rizieq Shihab Agar Tidak Sebar Berita Hoaks soal Jokowi !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here