Hari Ini, Pemungutan Suara Pemilu 2019 Digelar di 3 Negara !

0
137
Copyright©kompas

Pemungutan Suara Pemilu 2019 di Luar Negeri Digelar Hari ini !

Indowarta.com – Diketahui bahwa pemungutan suara Pemilu 2019 yang diadakan di 3 kota di 3 negara hari ini. Dimana kktiganya adalah Tashkent di Uzbekiztan, Tehran di Iran, dan Vientiane di Vietnam. Pemungutan suara di luar negeri tersebut diadakan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN)

Lanjut Baca : Jika Ada Kecurangan Pemilu, Habib Rizieq Minta Rakyat Protes Keras ke Bawaslu !

yang secara resmi ditunjuk oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sementara tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) umumnya diselenggarakan di kantor perwakilan RI di negara yang berhubungan dengan Indonesia, seperti KBRI, KJRI, dan KDEI. Walaupun pemilu di luar negeri dilakukan terlebih dulu, namun untuk proses penghitungan suaranya dilakukan dengan  serentak yakni bersamaan dengan penghitungan di dalam negeri, 17 April 2019.

WAJIB BACA :  Terkait Isu Jadi Wagub DKI, Sandi Tegaskan Jatah PKS: No More Discussion !
Copyright©Nalar politik

“Hasil perolehan suara pemilu luar negeri atau real count baru dapat diketahui setelah proses penghitungan suara 17 April 2019 selesai,” ucap Komisioner KPU Hasyim Asy’ari ketika dikonfirmasi, Rabu (10/4/2019). Sebelumnya, pemungutan suara telah dilakukan di 5 kota di 4 negara yakni, Sana’a di Yaman 8 April 2019, Panama City di Panama dan Quito di Ekuador 9 April 2019, serta Bangkok dan Songkhla di Thailand 10 April 2019.

Lanjut Baca : ACTA Akan Bawa Pulang Habib Rizieq Shihab Sebelum Pemilu 2019 !

Sementara jadwal pelaksanaan Pemilu 2019 di luar negeri ini berdasarkan pada jadwal yang telah ditetapkan yakni melalui Surat Keputusan (SK) KPU Nomor 644/2019, yaitu early voting pada tanggal 8-14 April 2019. “Selain jadwal tersebut kegiatan pemungutan suara di luar belum dilaksanakan,” ucap Hasyim. “Dengan demikian, terhadap kabar tentang perolehan suara pemilu di luar negeri yang beredar luas di masyarakat adalah kabar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” sambungnya.

WAJIB BACA :  Muhammadiyah Percaya, Amien Rais Bakal Pilih Jalur Hukum Ketimbang Hal Ini !

Dimana sebelumnya, muncul kabar soal hasil pemilu di luar negeri. Berdasarkan hasil tersebut, paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga yang disebut dominan dengan perolehan suara yang lebih tinggi. Diketahui bahwa kabar tersebut telah beredar luas melalui WhatsApp dan media sosial.

Lanjut Baca : Meski Mendapat Undangan ke 15 Negara Usai Bebas, Ahok tetap Ikut Pemilu 2019 !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here