Berikut Lima Jenis Surat Suara Pemilu 2019 !

0
514
Copyright©cnnindonesia

Mengenal Lima Jenis Surat Suara Pemilu 2019 !

Indowarta.comPemilu 2019 yang diketahui berbeda dari Pemilu periode sebelumnya. Berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 soal Pemilu, mekanisme pemungutan suara Pemilu 2019 yang dilakukan secara serentak. Yang mana masyarakat dapat memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden,

Ikuti Juga : Heboh, Penemuan Surat Suara Pemilu 2019 Satu Karung di Bawah Jembatan di Kampar Riau…

Anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD Kabupaten/Kota dan anggota DPD dalam waktu yang bersamaan. Dimana para pemilih bakal menerima lima jenis surat suara dari petugas saat datang di tempat pemungutan suara (TPS). Lima surat suara tersebut terdiri dari surat suara Pemilihan preisden (Pilpres), pemilihan anggota legislatif (Pileg) dari tingkat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

WAJIB BACA :  KPU Pastikan 31 Juta DPT Baru Pilpres 2019 Bukan Siluman
Copyright©Nalar politik

Masing-masing kertas surat suara ditandai dengan warna yang berbeda-beda pula. Hal tersebut ditujukan untuk memudahkan para pemilih untuk mengidentifikasi jenis kertas suara.

Berikut lima desain surat suara yang akan dicoblos para pemilih.

surat suara Presiden dan Wakil Presiden

untuk surat suara calon presiden dan calon wakil presiden memiliki warna abu-abu dan terdapat tulisan PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN di bagian muka dan belakang sebagai identitas.

Surat Suara DPR RI

Surat suara ini memiliki warna dasar kuning untuk memilih anggota DPR RI. Kertas suara tersebut bertuliskan Anggota DPR RI Tahun 2019 di sisi bagian depan dan DAERAH PEMILIHAN DPR RI  di sisi bagian belakang. Terdapat 16 logo partai politik sekaligus daftar nama-nama caleg yang berpartisipasi dari masing-masing parpol.

WAJIB BACA :  Megawati: Mereka yang Golput Sebagai Pengecut dan Jangan Jadi WNI !

Ikuti Juga : Ribuan WNI di Sydney Tanda Tangani Petisi Pemilu Ulang Lantaran Tak Bisa Mencoblos !

Surat Suara DPRD Provinsi

Surat suara ini berwarna biru bertuliskan DPRD Provinsi, sama seperti kertas suara DPR RI, dengan 16 logo partai dan daftar caleg dari tiap parpol.

Surat Suara DPRD Kabupaten/Kota

Surat suara ini berwarna hijau dengan bertuliskan DPRD Kabupaten/Kota di sisi depan sama seperti surat suara DPR RI dan DPRD Provinsi yang mencantumkan 16 partai politik dan dilengkapi dengan daftar caleg dari tiap parpol.

Surat Suara DPD RI

Surat suara ini memiliki warna merah, berbeda dengan surat suara sebelumnya hanya berbentuk daftar anggota, dan calon anggota legislatif DPD RI disertai dengan foto dari calon.

Ikuti Juga : Hari Ini, Pemungutan Suara Pemilu 2019 Digelar di 3 Negara !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here