Divonis 3 Tahun Penjara, Idrus Marham Belum Putuskan Banding !

0
184
Copyright©cnnindonesia

Terkait Kasus Korupsi, Hakim Jatuhkan Vonis Idrus Marham 3 Tahun Penjara !

Indowarta.com – Hakim yang diketahui telah melayangkan vonis tiga tahun kepada mantan Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham. Rupanya tak hanya kurungan penjara, majelis hakim turut menjatuhkan sanksi denda sebanyak Rp150 juta yakni dengan subsider dua bulan penjara.

Lanjut Baca : Idrus Marham Ditahan, KPK Minta Kooperatif Ungkap Nama-nama Lain !

“Mengadili menyatakan saudara Idrus Marham telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi yang dilakukan secara bersama-sama,” ucap Ketua Majelis Hakim, Yanto, di Pengadilan Negeri Tipikor, Jakarta, Selasa (23/4).

Copyright©liputan6

Adapun Idrus Marham yang terbukti telah menerima hadiah sebesar Rp 2,25 miliar dari pengusaha Johanes Budisurisno Kotjo. Dimana ia terbukti telah melakukan tindakan pidana korupsi tersebut dalam kasus suap PLTU Riau 1.

WAJIB BACA :  Usai Menjalani Pemeriksaan Sebagai Tersangka, Zumi Zola Tak Ditahan KPK

Menjatuhkan pidana kepada saudara Idurs Marham dengan pidana penjara selama 3 tahun dan pidana denda sebesar Rp150 juta dengan ketentuan apabila pidana denda itu tidak diganti dengan pidana kurungan selama dua bulan,” ucapnya.

Sementara Hakim Yanto yang menyatakan bahwa Idrus telah terbukti melanggar Pasal 12 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 seperti yang diubah Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Lanjut Baca : Profil Idrus Marham, Mensos Baru Kabinet Jokowi Gantikan Khofifah!

Disebutkan bahwa lama kurungan Idrus tersebut nantinya bakal dikurangi lama waktu ia ditahan selama menunggu sidang vonis ini. Adapun sang Hakum tampaknya telah memutuskan biaya perkara disebut jadi tanggunan Idrus Marham. Di sisi lain, vonis kepada mantan Menteri Sosial tersebut yang dinilai lebih rendah

WAJIB BACA :  Dipanggil KPK, Gamawan Fauzi Akui Dicecar Soal Setya Novanto!

Dari tuntutan yang telah dilayangkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Adapun sebelumnya melalui tuntutan tersebut, JPU yang telah meminta kepada pengadilan untuk menjatuhkan hukuman kepada Idrus yakni lima tahun atas keterlibatannya dalam kasus suap PLTU Riau 1.

Jaksa yang lantas menilai jika Idrus bersama dengan anggota Komisi VII DPR Fraksi Golkar, Eni Maulani Saragih yang terbukti telah menerima hadiah sebesar Rp2,25 miliar dari pengusaha Johanes Budisutrisno Kotjo.

Lanjut Baca : Komentar Idrus Marham Soal Jadi Pengganti Khofifah Jadi Mensos!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here