Ini Alasan Jokowi Tolak Pengunduran Diri Bupati Mandailing Natal !

0
144
Copyright©detik

Jokowi Tolak Pengunduran Diri Bupati Madina, Ini Kata Kemendagri !

Indowarta.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tengah dikabarkan telah melakukan penolakan atas surat permohonan pengunduran diri Bupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution lantaran hasil Pilpres 2019 di wilayahnya. Sementara itu Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang turut menyebut,

Lihat Juga : KPU Sebut Salah Input C1 Terjadi pada Jokowi dan Prabowo !

Mengenai aturan pengunduran diri Dahlan yang seharusnya ditujukan kepada DPRD Madina.

Copyright©detik

“Sekali lagi kami sampaikan, sesuai Pasal 79 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pengunduran diri KDH (Kepala Daerah, red) diajukan kepada DPRD,” ucap Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Bahtiar, saat dimintai konfirmasi, Rabu (24/4/2019).

WAJIB BACA :  Saat Presiden Jokowi Tuliskan Huruf Pertama di Al Quran!

Sekedar diketahui, bahwa Dahlan yang disebut justru melayangkan surat langsung kepada Presiden Jokowi dan Mendagri Tjahjo Kumolo. Dimana alasan pengunduran diri Dahlan lantaran Jokowi disebut sebagai capres petahana yang kalah di daerahnya. Di lain sisi, Kemendagri yang lantas melimpahkan urusan pengunduran diri

Dahlan kepada DPRD. Dikarenakan, sudah diatur telah Undang-Undang yang berlaku.

Hasil sidang paripurna DPRD, jika menerima pengunduran diri, beliau selanjutnya disampaikan kepada Mendagri melalui gubernur. Mekanismenya begitu. Dan tata cara pengunduran diri sudah diatur UU. Itu hak politik beliau yang dijamin UU,” sebut Bahtiar.

Adapun sebelumnya, pengajuan pengunduran diri tersebut bermula melalui munculnya surat bernomor 019.6/1214/TUPIM/2019 yakni dengan perihal “Permohonan Berhenti dari Jabatan Bupati”. Melalui surat itu pula, Dahlan yang lantas menyebutkan sejumlah pembangunan di Mandailing Natal. Nampaknya pembangunan tersebut tidak berefek pada hasil Pilpres 2019.

WAJIB BACA :  Jokowi Beri Tanggapan soal Hubungannya dengan Anies Baswedan Bermasalah !

Lihat Juga : Temukan Mark Up Suara Jokowi di Sejumlah TPS, Partai Gerindra Unggah Bukti !

Surat pengunduran diri tersebut yang lantas diketahui oleh Tjahjo. Dimana Tjahjo pada waktu itu hanya berniat untuk memanggil Dahlan terkait alasan penngunduran dirinya yang disebut tak wajar.

Alasan mundur ini tidak lazim, sehingga akan mencederai amanat masyarakat yang telah memilih yang bersangkutan secara langsung karena masa jabatan akan berakhir pada Juni 2021,” kata Tjahjo dalam keterangan pers yang disampaikan Pusat Penerangan Kemendagri, Minggu (21/4).

Sampai akhirnya, pengunduran kontroversi yang berujung dengan penolakan Jokowi. Disebutkan jika Jokowi yang tak menerima pengunduran diri Dahlan dari posisi Bupati Mandailing Natal.

Lihat Juga : Real Count KPU 4,5 Persen: Jokowi 54,72, Prabowo 45,28 Persen !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here