Ini Bahaya Konsumsi Makanan dari Kemasan Kaleng yang Penyok !

0
307
Copyright©liputan6

Hati-hati, Jangan Konsumsi Makanan Kemasan Jika Kalengnya Penyok !

Indowarta.com – Apabila seseorang gemar membeli makanan kaleng lantaran kemudahannya untuk dikonsumsi. Tetapi, tunggu dulu jangan asal ambil saat membelinya. Perlu diperhatikan baik-baik kondisi kalengnya. Dikarenakan bentuk kaleng bakal menentukan kualitas makanan yang ada didalamnya. Hal tersebut yang berdasarkan seorang profesor

Ikuti Juga : Banyak Warga Berebut Makanan di Minimarket, Ini Kata Jokowi !

Dari Universitas McGill, Suki Hertz, apabila kaleng makanan yang diambil terdapat sedikit kerusakan, adapun hal tersebut tidak akan terlalu memengaruhi kondisi makanan didalamnya. Namun jika terdapat penyok pada garis (seam) kaleng, hal tersebut dapat bersiiko membuat patogen masuk ke dalam.

WAJIB BACA :  Terbaik, Cara Mudah Hindari Kebutaan dari Penggunaan Lensa Kontak !
Copyright©liputan6

“Bisa menyebabkan gangguan kesehatan (foodborne illnes) bila dikonsumsi,” kata Suki dikutip dari Reader Disgest pada Kamis, 25 April 2019.

Apabila makanan kalengnya penyok yang berlebihan. Semurah apapun harga makanan itu, sebaiknya tidak diambil. United States Department of Agriculutre (USDA) yang lantas menerangkan bahwa makanan kemasan kaleng yang penyok dapat menyebabkan adanya botulism, yakni salah satu bentuk keracunan makanan yang dapat menyerang sistem saraf.

Dimana gejala dari makanan yang diambil dari kaleng penyok tersebut yakni berupa pandangan ganda, kelopak mata kendur, kesulitan menelan dan sulit untuk bernapas. Sementara kemasan makanan kaleng yang bocor juga dapat menggembung sehingga bisa jadi sebagai tanda bahwa kaleng tersebut telah terkontaminasi.

WAJIB BACA :  Perhatikan, Ini Penyebab Berat Badan Bertambah saat Menstruasi !

Ikuti Juga : Kisah Lucu, Atlet Asing Asian Games Terjebak Makanan Khas Indonesia !

Walaupun hal tersebut memang jarang terjadi, namun hal tersebut berisiko terkena botulism yang harus dianggap serius. Sementara di New York sendiri, restoran tersebut dipastikan kehilangan poin apabila mempunyai kaleng yang penyok ketika diperiksa. Adapun lebih baik menghidnari kemasan kaleng penyok sebagai salah satu cara guna menghindari adanya keracunan makanan.

Selain itu, hal tersebut juga dapat sebagai salah satu alasan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi makanan kaleng. Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh dr. Nadia Octavia, dimana makanan kaleng tersebut mengandung senyawa bisphenol A (BPA) yang mampu meningkatkan risiko kanker. BPA sendiri digunakan dalam industri makanan guna pembuatan makanan kaleng ataupun kemasan plastik.

Ikuti Juga : 10 Makanan Sederhana yang Mampu Obati Impotensi Bagi Kaum Pria!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here