Jokowi Mengaku Setuju Ibu Kota Dipindahkan ke Luar Pulau Jawa !

0
135
Copyright©liputan6

Ternyata Ini Alasan Jokowi Setuju Ibu Kota Pindah ke Luar Pulau Jawa !

Indowarta.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang turut menyetujui terkait rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke luar Pulau Jawa. Dimana hal tersebut yang diungkapkan oleh Jokowi ketika menanggapi adanya laporan dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro soal tiga lokasi alternatif ibu kota baru Indonesia.

Baca Juga : Anies Beri Pesan ke Jokowi, soal Rencana Pemindahan Ibu Kota Akibat Banjir ?

Sementara Bambang yang melalui laporannya telah menyebut tiga lokasi alternatif yakni pertama tetap di Jakarta, kedua di sekitar Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Dimana ketiga di luar Pulau Jawa.

WAJIB BACA :  KPI Sedang Pejalari Pernyataan Presenter TVOne Soal Rekening Gemuk Presiden Jokowi!
Copyright©cnnindonesia

“Kalau saya sih alternatif satu dan dua sudah tidak,” ucap Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Namun, Jokowi yang masih mempunyai pertimbangan tersendiri sehingga menolak jika ibu kota tetap ada di Jakarta atau dipindahkan di sekitar Pulau Jawa. Dimana Jakarta atau Pulau Jawa yang disebut sebagai kawasan rawan macet dan banjir.

“Ada pencemaran yang berat juga. Ini di Pulau Jawa, sungai-sungai di Pulau Jawa merupakan 10 sungai yang paling tercemar di dunia,” ujarnya.

Disamping itu, degradasi sosial di Jakarta atau Pulau Jawa yang disebut kian tajam. Sedangkan lahan di Pulau Jawa yang kian sempit akibat peralihan fungsi.

WAJIB BACA :  Saat Ditanya Prabowo Sebut Dirinya akan Jadi Presiden, Reaksi Jokowi Mengejutkan !

“Dan informasi yang saya terima, sebanyak 40 ribu hektare lahan yang sangat produktif beralih fungsi di Jawa, setiap tahunnya. Dari sawah ke properti,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Baca Juga : Real Count KPU Hampir 50 Persen, Jokowi-Ma’ruf 56,1 dan Prabowo-Sandi 43,8 !

Adapun Jokowi yang diketahui telah memimpin rapat terbatas Tindak Lanjut Rencana Pemindahan Ibu Kota siang nanti. Yang mana Jokowi yang mengaku optimis pemindahan ibu kota negara bakal terwujud jika telah dipersiapkan dengan matang. Mantan Walikota Solo, Jawa Tengah ini yang menyadari jika pemindahan ibu kota negara

Disebut membutuhkan persiapan yang panjang. Sementara itu, pemerintah juga harus menentukan lokasi yang tepat. Diharapkan, pemindahan ibu kota nanti dapat memberikan dampak yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi serta pemerataan infrastruktur.

WAJIB BACA :  Ma’ruf Amin Yakin Suaranya di Bogor-Jakarta Lebih Unggul Selisih 20 Persen !

“Pemilihan lokasi yang tepat harus memperhatikan aspek geopolitik, geostrategis, kesiapan infrastruktur pendukung dan pembiayaan,” ujarnya.

Baca Juga : Bertemu Jokowi di Istana, Presiden KSPI Said Iqbal Angkat Bicara !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here