Ngeri Abis! Pakai Ponsel Berlebihan Bisa Memperpendek Umur Lho

0
355
Copyright©GRID

Berikut Ini Bahaya Terlalu Lama Menggunakan Ponsel!

Indowarta.com – Di tahun 2019 ini ponsel nampaknya sudah merupakan barang yang wajib di miliki oleh masyarakat. Pasalnya barang satu ini memang sangat menunjang kegiatan manusia.

Nah untuk itu, apakah kamu pernah mengecek berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk menggunakan ponsel setiap harinya? Jika kamu menghabiskan berjam-jam dalam sehari untuk mengaksesnya, kamu perlu waspada lho.

Cathrine Price, penulis buku “How to Break Up with You Phone” dan pencetus gerakan “Screen/Life Balance” mengatakan semakin sedikit kita menghabiskan waktu memakai ponsel, maka harapan hidup kita semakin lama.

Baca juga : Usai Membunyikan Leher “krak”, Perempuan Ini Tiba-Tiba Lumpuh ! Kenapa ?

WAJIB BACA :  Bahaya Bermain Ponsel Sebelum Tidur Dapat Meningkatkan 5 Resiko Ini Lho!

Dan sebaliknya, jika kamu betah lama-lama bermain ponsel, kesehatan kamu bisa terdampak.

Hormone koristol yang berkaitan dengan tingkat stress akan meningkat ketika memakai ponsel lebih lama. tentu hal ini akan mengancam kesehatan kita dan berimbas pada potensi memperpendek usia harapan hidup.

Copyright©liputan6

Hormone koristol ini memicu perubahan fisik, contohnya naiknya tekanan darah, detak jantung dan gula darah yang membantu manusia memberikan respon baik dalam mengendaikan maupun melawan ancaman fisik.

Yang artinya, hormone ini dapat memberikan sinyal ketika fisik merasa terancam. Tubuh akan mengeluarkan koristol untuk merespon emotional stressor saat detak jantung kurang bisa mengendalikan emosi yang datang.

Hubungan dengan ponsel “ancaman” yang terjadi bisa beragam dan mengambil bentuk lain. Contohnya kamu dapat pesan yang menjengkelkan, dan membaca berita duka atau berita yang membuat marah dan sebagainya.

WAJIB BACA :  Apakah Kamu Terbiasa Simpan Ponsel di Kantong ? Ini Bahayanya

Baca juga : Ini Bahaya Konsumsi Makanan dari Kemasan Kaleng yang Penyok !

“Tingkat koristol manusia akan meningkat ketika sedang menggunakan ponsel atau menempatkan ponsel di dekatnya,” jelas David Greenfield, Profesor Psikiatri Klinis di University of Connecticut School of Medicine.

Peningkatan kortisol secara kronis akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya, seperti depresi, obesitas, sindrom metabolism, diabetes tipe 2, masalah kesuburan, tekanan darah tinggi, jantung, demensia dan stroke.

“Setiap penyakit kronis yang kita ketahui diperburuk oleh stres,” jelas Dr, Robert Lustig, profesor emeritus dan endikronologi pediatrik di Universitas California. ” Ponsel berkontribusi besar dalam hal ini,” imbuhnya.

Nah untuk itu mulailah sedikit mengurangi penggunaan ponsel agar kesehatan kita tetap terjaga dengan baik. Mengurangi penggunaan ponsel memang sulit. Sulit bukan berarti tidak bisa kan?

Baca juga : Wajib Dicoba, Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Cepat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here