Inovatif Abis! Empat Siswa SMP Di Lamongan Ciptakan Robot Berbahan Limbah

0
643
Robot Limbah
Copyright©IDNTimes Jatim

Manfaatkan Limbah Plastik, Empat Siswa SMP di Lamongan Buat Robot Ekskavator!

Indowarta.com – Di jaman yang sudah modern ini internet sudah bisa di akses dengan sangat mudah. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun kini juga dengan mudah bisa mengakses internet.

Dengan adanya internet ini banyak informasi dan pengetahuan yang di dapat. Dengan informasi tersebut banyak inspirasi yang dapat untuk membuat sesuatu yang bermanfaat.

Salah satunya adalah empat siswa SMP di Lamongan yang berbekal pengetahuan yang mereka dapat dari YouTube, mereka membuat karya robotic ekskavator berbahan dasar limbah.

Mereka adalah Aryo Budi, Pandu Crisna, Andala dan Rendy Permana. Keempat siswa tersebut merupakan pelajar di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kecamatan Sambeng.

Baca juga : Apple Resmi Rilis Dua iPhone Anyar, XS dan XS Max Spesifikasinya ?

Bocah inovatif ini menyulap limbah menjadi sebuah robotika yang bekerja dengan dasar tekanan air.

“Kami belajar dari Youtube yang kemudian kami terapkan sesuai dengan kondisi kami di Lamongan, terutama di daerah kami di Sambeng,” kata salah seorang siswa, Pandu Crisna, Kamis (2/5/2019) di lansir dari Detik.

Robot Limbah
Copyright©IDN Times Jatim

Pandu juga menambahkan selain karena melihat tayangan YouTube, ia juga mengaku menyukai dunia robotika dan elektronika sejak kecil. “Sudah sejak kecil mencintai robot dan kebetulan ayah saya adalah tukang servis jadi sedikit mengerti tentang dunia elektronika,” jelasnya.

Robot kreasi mereka berbahan baku mika plastic, tusuk sate, selang infuse dan alat suntik yang tidak terpakai.

Cara pembuatannya, Pandu mengatakan mika terlebih dahulu di potong sesuai ukuran uang yang di inginkan. Lalu mika yang sudah di potong sesuai keinginan tadi di rekatkan menggunakan lem. Kemudian, alat-alat suntik dan selang infuse di rakit sedimikian rupa hingga membentuk ekskavator.

Baca juga : Resmi Dijual, Berapa Harga Ponsel Lipat Pertama FlexPai?

“Robot ini berfungsi ketika alat suntik kami isikan air yang kemudian tekanan dari air dari alat suntik ini menggerakkan robot,” imbuh Pandu yang menyebut kalau alat robotika ini akan berfungsi ketika mendapatkan tekanan air.

Aryo Budi menambahkan dari kecil ia suka membuat barang-barang miniature. Menurutnya, pembuatan robot berbahan limbah itu tidak membutuhkan waktu lama.

“Tidak memakan waktu yang lama dalam mengerjakannya. Untuk robotik seperti ekskavator ini kami membutuhkan waktu hanya satu hari,” ungkap Aryo.

Tak hanya robot ekskavator dari Limbah , mereka juga pernah membuat robot hidrolik. Meski karya mereka belum pernah diikutkan lomba tapi mereka mengaku bangga karena kreasi mereka di ikutikan dalam pameran.

“Belum pernah ikut lomba, tapi pas diadakan pameran ini, kami bangga karena robot kami mendapatkan perhatian khusus dari Pak Bupati,” pungkas Aryo.

Baca juga : Kece Abis! Nikon Rilis Coolpix W150, Kamera Anti Air Untuk Anak-anak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here