Sebulan Terakhir Ini Kondisi Utang Indonesia Membaik

0
483
Gudang Uang Indonesia
Copyright©Nawacita

Jumlah Utang Indonesia Turun Rp 38 Triliun

Indowarta – Walaupun kemarin sempat ada informasi yang kurang menyenangkan dikarenakan Sri Mulyani menganalisa kalau dalam beberapa waktu kedepan ekonomi Indonesia akan mengalami penurunan. Namun, belum lama ini juga kementeriannya telah memberikan kabar baik yakni soal penurunan jumlah hutang pemerintah yang cukup besar.

Berdasarkan data terbaru yang dilaporkan oleh Kementerian Keuangan Indonesia, hutang pemerintah pada bulan April 2019 kemarin sebesar Rp 4.528,45 triliun, dan jumlah tersebut lebih kecil jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Nufransa Wira Sakti selaku menjabat sebagai Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan telah mengungkap kalau total utang pemerintah pada bulan April 2019 kemarin telah mengalami penurunan sebesar Rp 38,6 triliun dari bulan Maret 2019 yang mana hutang pemerintah mencapai Rp 4.567,31 triliun.

WAJIB BACA :  Cek Pengumuman Hasil Seleksi Awal CPNS di Kemenkeu!
Nufransa Wira Sakti Bersama Sri Mulyani
Copyright©indopos

“Secara nominal, utang Pemerintah memang bertambah jika dihitung sejak akhir April tahun lalu, namun sebenarnya utang pemerintah dalam satu bulan terakhir sudah menurun Rp 38,6 triliun. Ini berarti dalam 1 bulan bisa turun 11% lebih dibandingkan dengan kenaikan tersebut,” seperti itulah ucapan Nufransa sebagaimana kami lansir dari laman media detikFinance, Sabtu (18/05/2019).

Bukan cuman itu saja, dalam keterangan lanjutannya ia memberikan penegasan sekaligus klarifikasi bahwa pembesaran utang Indonesia ini bukan disebabkan oleh kesalahan yang dialami oleh Menteri Keuangan, melainkan jumlah utang yang dibutuhkan ini berdasarkan keputusan antara pihak pemerintah dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Adalah suatu kesalahan besar bila menyalahkan seorang Menteri Keuangan dalam pengambilan kebijakan pembiayaan melalui utang. Kebijakan ini adalah produk bersama antara pemerintah yang disetujui oleh wakil rakyat yang duduk di DPR,” seperti itulah penjelasan yang diberikan oleh Nufransa.

WAJIB BACA :  Kemenkeu Berencana Buka Pendaftaran 7000 CPNS, Komentar MenPANRB!

Pihak pemerintah dan juga DPR dalam memutuskan menambah hutang Indonesia ini juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan, mereka harus mempertimbangkan segala aspek agar angka hutang yang akan didapat tidak terlalu membengkak dan dapat berguna secara efektif demi perkembangan bangsa ketika sudah cair nantinya.

baca juga: Ini Dia Tanda Melemahnya Ekonomi Indonesia Menurut Sri Mulyani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here