Cara Menabung Saham Yang Benar Di Tahun 2019

1
449
Pasar Saham

Indowarta – Sampai detik ini saham menjadi ladang investasi yang paling banyak diminati oleh para pengusaha maupun pebisnis sukses dikarenakan return yang diberikan memiliki ratio keuntungan dan kerugian yang jauh lebih besar dibandingkan deposito maupun investasi lainnya. Walaupun ratio kerugian dari bermain saham sendiri terbilang cukup besar, tetap saja saham adalah salah satu instrumen investasi yang begitu digandrungi dari tahun ke tahun. Nah di artikel kali ini kita akan membahas seperti apa cara menabung saham yang benar terutama untuk anda yang masih pemula dalam dunia investasi.

Tips Menabung Saham yang Benar dan Menguntungkan

Saham sendiri merupakan bagian dari instrumen investasi yang banyak dilirik oleh sebagian besar investor dikarenakan return yang diberikan jauh lebih besar dari jenis investasi lainnya seperti emas, deposito bahkan property. Ada banyak hal yang harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk berinvestasi saham, tentunya mulai dari jenis saham, tinkat resiko hingga Expense Ratio dari sebuah emitan yang bergabung di bursa IDX. Mungkin tips ini bisa sedikit membantu anda untuk menemukan asset allocation atau penempatan beberapa jumlah uang di beberapa instrumen investasi yang tepat, selain itu anda harus paham betul pengelola aset investasi seperti bank kustodian yang bersangkutan (sumber: Duwitmu).

WAJIB BACA :  Berita Hari Ini: Donald Trump Naik, IHSG Berpotensi Naik Terbatas, Cek Selengkapnya !

Langkah-langkah Menabung atau Investasi Saham yang Benar

  1. Membuka rekening bank

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk memulai investasi saham adalah dengan membuka rekening bank. Ada banyak pilihan rekening bank yang bisa anda gunakan sebagai sarana investasi seperti bank BRI, BNI, MANDIRI, BCA dan lain sebagainya. Memiliki rekening bank adalah kewajiban dari setiap investor, karena untuk melakukan investasi sendiri pada dasarnya tidak bisa dilakukan secara langsung dari person to person melainkan memiliki skema khusus yang memudahkan investor untuk membeli produk saham dari emiten yang bersangkutan.

  1. Buka Rekening Sekuritas

Beberapa bank di Indonesia memiliki produk yang bersama rekening sekuritas, fungsi dari produk ini adalah memudahkan masyarakat yang ingin berinvestasi saham maupun reksadana ke berbagai produk yang disediakan seperti pasar uang, obligasi, reksadana dan saham sendiri. Pastikan untuk memiliki bank yang benar-benar terpercaya dalam hal ini seperti bca sekuritas, bri sekuritas, mandiri sekuritas dan lain sebagainya.

  1. Perhatikan Keuntungan atau Dividen
WAJIB BACA :  Berita Hari Ini: Donald Trump Naik, IHSG Berpotensi Naik Terbatas, Cek Selengkapnya !

Nah yang perlu anda pelajari setelah membuka rekening untuk investasi saham adalah mengenai keuntungan hingga dividen yang nantinya anda dapatkan. Keuntungan yang dimaksud disini adalah hasil dari investasi anda benar-benar membuahkan hasil baik idealnya 15% – 30% per tahun ataupun keuntungan dibawah ideal. Ada dua jenis permainan saham yang harus anda ketahui yaitu trading dan investasi, pastikan anda benar-benar memilih jalur yang tepat sehingga tidak salah langkah ketika bermain saham.

Dividen sendiri merupakan keuntungan berupa kenaikan harga saham yang secara langsung yang dibedakan menjadi dua jenis yaitu dividen tunai dan saham. Dividen tunai adalah keuntungan yang langsung diberikan secara tunai dari harga saham per lembar yang anda miliki, sedangkan untuk dividen saham adalah perusahaan akan memberikan tambahan lembar saham untuk sehingga terjadi penambahan kepemilikan saham secara otomatis.

  1. Tentukan Jenis Emiten
WAJIB BACA :  Berita Hari Ini: Donald Trump Naik, IHSG Berpotensi Naik Terbatas, Cek Selengkapnya !

Terakhir untuk memulai investasi saham adalah tentukan produk dari perusahaan atau emiten yang bergabung dalam bursa IDX. Nah disinilah anda harus benar-benar bisa membaca pergerakan analisa permainan saham dari funfact dan prospek perusahaan. Pembahasan ini akan kita kupas di artikel berikutnya.

Sekian cara singkat untuk anda yang ingin melakukan investasi saham. Terimakasih.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here