Pegawai PNS Bagian Ini Bakal Dihapus dan Digantikan AI

0
1910
PNS Dipulangkan
Copyright©Infopublik

Birokrasi Berlapis Bakal Dihilangkan

Indowarta – Meski pegawai PNS terus mengalami pertambahan setiap tahunnya, akan tetapi pihak pemerintahan juga tidak lupa melakukan rotasi untuk tetap menjaga kapasitas karyawan yang dimiliki oleh pihak pemerintahan di berbagai macam bidang, mulai dari ketersediaan pangan, pendidikan, hingga sistem keamanan dan kenyamanan masyarakat Indonesia.

Dan beberapa waktu terakhir ini terdengar rencana dari Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang mengatakan kalau ada penghapusan bagian di pegawai PNS, yakni posisi eselon III dan IV pada lingkungan Kementerian dan Lembaga.

“Kita lakukan pengurangan eselon, kita punya eselon I, II, III, IV, kita akan lakukan yang III dan IV akan kita potong. Saya sudah perintahkan juga ke Men-PAN (Tjahjo Kumolo) diganti dengan AI. Kalau diganti artificial intelligence, birokrasi kita lebih cepat. Saya yakin itu. Tapi sekali lagi, ini juga akan tergantung omnibus law ke DPR,” seperti itulah yang disampaikan oleh Jokowi dalam rangkaian acara CEO Forum di Ritz-Charlton, Jakarta, sebagaimana dikutip dari finance.detik.

WAJIB BACA :  Survei Roy Morgan: Jokowi Raup 58 Persen, Prabowo 42 Persen !

Sebagaimana dalam keterangan lanjutannya, beliau mengatakan kalau program pemangkasan pejabat di bagian kementerian dan lembaga ini dalam rangka reformasi birokrasi yang mana selama ini dibutuhkan oleh pelaku usaha juga. Sebab selama ini birokrasi juga menjadi salah satu permasalahan investasi masuk ke Indonesia.

Jokowi PNS
Copyright©Detak

Kemudian Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dalam kesempatan yang sama juga mengatakan kalau rencana pemerintah dalam menerapkan wacana ini yakni mengalihkan pekerjaan pegawai pemerintah yang bekerja di bidang pembuatan perizinan.

“Sekarang beberapa sudah didorong antara lain omnibus law untuk Cipta Kerja dan juga ada yang namanya OSS dan single map policy. Jadi salah satunya menggunakan AI di situ. Contoh, kita menyederhanakan IMB terutama untuk gedung dua tingkat. Nah, perizinan didorong berbasis bukan seperti sekarang, tetapi risk based approach, itu basisnya standar,” ucapnya.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Kebijakan Jokowi Hanya Manjakan Orang Kota?

Dan dikatakan pula kalau nantinya para pengusaha yang ingin mengajukan perizinan tidak perlu lagi berhadapan dengan birokrasi berlapis, dan IMB nantinya juga bakal dihilangkan untuk bangunan gedung 2 lantai. Kemudian UMKM juga bakalan bebas dari proses birokrasi berlapis ini mendatang.

“Terus di dalam omnibus law juga kita didorong kemudahan untuk UMKM. Ini termasuk untuk perizinan, selama ini kan perizinan diproses. Tapi usaha kecil-menengah bisa dengan registrasi saja dan ada penambahan bahwa untuk membuat bisnis itu tidak perlu. Kalau berdasarkan UU sekarang harus ada dua pihak, tetapi ke depan nanti cukup satu pihak saja,” terang Airlangga.

Tidak diungkap secara pasti kapan pemangkasan pegawai PNS ini nanti akan mulai diberlakukan, akan tetapi Jokowi menginginkan rencana ini segera terlaksana. Dan Eseleon IV bakal menjadi target pertama dalam penghapusan nantinya di setiap kementerian.

baca juga: Tugas Terselubung Ahok Jadi Komisaris Utama Pertamina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here