Cerita Hidup Sosok Sir William Henry Perkin yang Nongol di Google Doodle Hari Ini!

0
623
Sir William Henry Perkin
Copyright ©Google

Sir William Henry Perkin Beginilah Sosoknya

Indowarta.com – Kabar terkini pada tahun 1906 lalu dimana pertama kali ‘Perkin Medal’ atau medali perkin ini telah dianugerahkan kepada Sir William Henry Perkin. Pada saat itu dimana penghargaan itu telah diberikan untuk sebuah peringatan 50 tahun sebuah penemuan ungu muda (mauveine) oleh ahli kimia asal Inggris.

Sedangkan pada tahun 1908 silam usai kemarian Sir William Henry Perkin telah memberikan Perkin Medal menjadi suatu ajang sebuah penghargaan tahunan. Sedangkan pada ajang penghargaan tersebut dilakukan oleh Society of Chemical Industry (SCI) menjadi sebuah penghargaan tertinggi dalam industry kimia Amerika Serikat.

Baca Juga Adik Raffi Ahmad dibuat ‘Risih’ Oleh Kelakuan Ayu Ting Ting!

Penghargaan telah diberikan nama Perkin Medal dimana sebagai suatu bentuk penghargaan kepada ahli kimia terpopuler yaitu Sir William Henry Perkin. Dalam penghargaan tersebut berikan kepada para ilmuwan yang sudah memberikan sebuah kontribusi besar baagi dunia adapun yang terutama kepada peningkatan ekonomi dan juga kualitas hidup tersebut.

Sir William Henry Perkin
Copyright ©Google

Pada tahun 2017 kini masih tercatat bahwa totoal terdapat 109 ahli kimia yang sudah mendapatkan medali atas nama Sir William Henry Perkin. Dalam memberikan keputusan siapa sebagai ilmuwan yang telah berhak atas Perkin Medal dan ternyata hal tersebut telah dilakukan dengan ebuah proses yang sangat ketat.

SCI sendiri telah menerapkan beberapa jumlah ataupun aturan yang dimulai dari pemiliah sebuah kandidat. Dalam sebuah kandidat oleh Komite Medali SCi yang sudah dilakukan sselama kurang lebih dua bulan. Kandidat telah dikerucutkan menjadi 2/3 saja.

Usai itu sebuah Komite eksekutif SCI sendiri telah memutuskan nominasi. Tak ada hentinya sampai sini, dari sebuah nominasi yang sudah dipilih lalu akan ditentukan pemenangnya melalui sebuah komite khusus yang telah dibentuk.

Baca Juga Tangis Pretty Asmara Pecah Ketika Kena Vonis 6 Tahun Kurungan!

Diketahui bahwa salah satu yang telah menerima penhargaan erkin Medal ini yaitu seorang ahli kimiya yang sudah menciptakan bahan kenis Gore-Tex, Robert W. Gore. Hal tersebut sama seperti yang dilakukan Sir William Henry Perkin, dimana Gore yang memiliki usia cukup muda pada saat menemukan hal tersebut pertamanya.

Pada tahun 1959 dia telah menunjukkan kalau PTFE (Polytetrafluoroethylene) bisa digunakan sebagai isolator yang serbaguna untuk sebuah kabel dan juga kabel elektronik tersebut. Sedangkan dalam waktu 10 tahun dia kembangkan PTFE yang menjadi bahan jenis Gore-Tex yang saat ini sangat dikenal sebagai bahan anti air.

Gore-Tex sendiri telah dikenal sebagai bahan dasar jaket dan juga pakaian yang sudah banyak digunakan oleh para pendaki, pesepeda, petualang sampai pakaian pemadam kebakaran dan juga para polisi.

Baca Juga Heboh Kabar Suzy Miss A Dekat dengan Lee Dong Wook Usai Putus

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY