Mudik Lebaran, Waspada Kejahatan Hipnotis dan Pencopet

0
651
mudik lebaran
mudik lebaran ilustrasi Copyright © TribunNews

Waspada Saat Mudik Lebaran

Indowarta.com – Menjelang hari raya idul adha, tradisi mudik lebaran memang selalu menjadi trend yang tidak bisa diabaikan. Berlama lama di tempat umum dengan tingkat intensitas yang tinggi tentu menimbulkan banyak risiko yang tidak disadari.

Baca Juga: Lafadz dan Niat Zakat Fitrah, Lengkap dengan Artinya!

Masyarakat diminta untuk selalu waspada akan sejumlah kejahatan jalanan yang berpotensi menimpa warha saat melakukan Mudik lebaran.

“Hati-hati terhadap kejahatan hipnotis dan pencopetan yang berpotensi meningkat,” kata juru bicara Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono, Rabu, 6 Juni 2018.

Demi menghindari kejatahan di perjalanan, pemudik diingatkan untuk jangan mudah percaya terhadap orang yang tidak dikenal. Apalagi orang tersebut menawarkan makanan atau minuman secara langsung kepada pemudik.

mudik lebaran -
mudik lebaran ilustrasi Copyright © Kompas

“Lebih baik ditolak. Pemudik lebih baik membawa makanan dan minum sendiri,” ucapnya.

Baca Juga: Malam Lailatul Qadar, Malam Seribu Bulan yang Selalu Jadi Misteri di Bulan Ramadhan!

Pemudik juga diimbau menghindari ajakan atau pemberian barang dari orang lain. Sebab, hal itu bisa menjadi modus kejahatan. “Seandainya tidak tahu arah pun lebih baik tanya polisi atau petugas pengamanan,” ujar Argo.

Argo jga mengatakan pemudik mesti menghindari penggunaan perhiasan yang mencolok, selaon itu pemudik juga jangan menggunakan pakaian yang mengundang syahwat. “Pakaian ketat atau apa gitu,” tuturnya.

Jika saat mudik membawa anak, mesti diawasi, jangan sampai tertinggal atau terlepas dari jangkauan orang tuanya. Argo memperkirakan kepadatan pemudik mulai terlihat pada 8, 9, dan 10 Juni mendatang. “Akhir pekan ini sudah mulai terlihat peningkatan jumlah pemudik,” ujar Argo mengingatkan warga yang akan melakukan mudik Lebaran 2018.

Baca Juga: Pengertian, Panduan dan Tata Cara Itikaf Untuk Menyambut Malam Lailatul Qadar di Ramadhan Tahun Ini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY