Pernak Pernik Meriahnya Tahun Baru Imlek 2017 !

    0
    1894
    Tahun Baru Imlek
    Copyright ©blogvokamo

    Pernak Pernik Meriahnya Tahun Baru Imlek 2017 !

    Indowarta.com – Hari bahagia tengah dirayakan oleh masyarakat yang memiliki keturunan dari Tionghoa. Pasalnya hari ini tengah merayakan Tahun Baru Imlek. Identik dengan Barongsaai, Kue Keranjang, Kambang api, Lampion dan semua yang berwarna merah dan tak lupa Ang Pao.

    Sebelum itu simak yuk bagaimana sejarah singkat dari Tahun Baru Imlek. Istilah tersebut atau penulisannya ternyata hanya ada di Indonesia. Kata Imlek sendiri adalah bunyi dialek Hokkian yang berasa kata Yin Li dan biasa In Li yang berarti penanggalan bulan alias iasa disebut dengan Lunar Calendar.

    Tahun Baru Imlek
    Copyright ©trevelsia

    Penanggalan China sendiri didasarkan pada peredaran bulan ditata surya sehingga itulah mengapa disebut Yin Li. Sementara penanggalan Indonesia dan digunakan juga diseluru dunia didasarkan pada penanggalan matahari yang disebut Yang Li dalam bahasa Mandarin.

    Imlek sendiri juga dikenal sebagai Nong Li yang dibaca Nung Li  yang berarti penanggalan petani, yang dimaksudkan sebagai pemahaman terhadap petani karena sebagian besar orang jaman dahulu adalah seorang petani.

    Petani itu mengandalkan kemampuan mereka dalam membaca alam, pergerakan bintang dan juga rasi bintang  bulan dan benda-benda angkasa yang lain untuk bercocok tanam.

    Perayaan Chinese New Year sebenarnya dirayakan ketika menyambut datangnya musim semi, oleh sebab itu disebut juga dengan Chun Jie yang dibaca Jwen Cie yang artinya Menyambut Musim Semi. Disambut dengan suka cita dan akan mulai bercocok tanam kembali karena musim dingin telah usai.

    Tahun Baru Imlek
    Copyright ©brilio

    Selain Tahun Baru Imlek dapat disebut juga Sincai yang juga berasalah dari Hokkian yang berasal dari kata Xin Zheng dapat dibaca Sin Ceng. Yang berarti Bulan pertama yang baru.

    Dimedia-media baik cetak maupun elektronik menggunakan nuansa merah sejak akhir minggu pertama pada bulan Januari. Banyak terjadi penawaran diskon dll. Dan banyak bertuliskan ucapan mulai dari Gong Xi Fat Choi, Gong Xi Fat Chai, Gong Xi Fa Choi, Happy Chines New Year dll.

    Gong Xi Fa Cai memiliki arti semoga anda kaya. Indonesia yang kemudian menjadikan kebiasaan itu dengan mengucapkan Gong Xi Fat Choi atau Gong Xi Fa Choi.

    Seharusnya untuk menghindari kesalahan itu sendiri sebaiknya menulis aksara yang seharusnya atau biasa disebut aksara kanji. Itu sudah dipastikan benar dan terhindar dari keslahan dan pengartian makna.

    Di Indonesia Tahun Baru Imlek adalah milik agama Khong Hu Cu atau agama Buddha atau Sam Kau. Namu kini mayoritas etnis Tionghoa yang ada di Indonesia adalah Nasrani dan sebagian lagi adalah muslim. Namun sebagian dari mereka juga berpendapat bahwa tidak boleh lagi merayakan Tahun Baru Imlek.

    Sebagian lagi ada yang memberikan pendapat bahwa perayaan tersebut identik dengan penyembahan berhala karena banyak legenda, asal-usul dan cerita dibalik tiap-tiap tradisi dalam rangkaian perayaan tersebut.

    Menurut Aji Chen Bromokusumo sah-sah saja setiap orang memiliki pendapat dan pandangan mengenai suatu hal. Namun harus sesuai dengan koridor. Karena hal itu merupakan keyakinan dan masalah pribadi masing-masing.

    Dia juga menyayangkan jika ada yang mencibir atau berkata yang tidak-tidak. Menurutnya adalah keluarganya dan dirinya akan tetap melestarikan budaya Tionghoa dan Tahun Baru Imlek, serta akan menjaga dan meneruskan ke keluarga dan juga anak cucunya kelak.

    Baca Juga Gong Xi Fa Cai, Selamat Tahun Baru Imlek Ya, Jangan Lupa Pasang DP BBM Imlek Dan Kartu Ucapan Ini Ya !

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY