Keistimewaan Malam Nuzulul Quran, Hari Diturunkannya Kitab Paling Sempurna!

    0
    16102
    Malam Nuzulul Quran
    Copyright ©Ist

    Keistimewaan Malam Nuzulul Quran, Hari Diturunkannya Kitab Paling Sempurna!

    Indowarta.com – Tak terasa kini umat muslim telah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 2017 tahun ini telah memasuki hari yang ke 17. Pada malam ke 17 Ramadhan kali ini sering dikenal dengan Malam Nuzulul Quran.

    Baca: Makna Imsak, dan Kenapa Selalu Jatuh 10 Menit Sebelum Adzan Subuh!

    Lalu apakah keistimewaan dari malam tersebut dibandingkan dengan malam-malam di bulan Ramadhan yang lainnya ? Untuk lebih jelasnya mari kita fahami bersama mengenai keistimewaan dari  Malam Nuzulul Quran dalam syariat Islam berikut ini.

    Sebelum kita memahami lebih dalam mengenai keistimewaan dari malam ini, maka terlebih dalhulu kita memahami apa itu Nuzulul Quran. Secara Bahasa, Nuzulul Quran memiliki arti turunnya kitab suci Al Quran.

    Dan secara istilah Nuzulul Quran memiliki arti peristiwa yang sangat penting mengenai turunya Al Quran kepada Nabi Terakhir, Nabi Muhammad saw. Jadi Malam Nuzulul Quran bisa secara singkat diartikan sebagai malam dimana Allah swt menurunkan kitab suci Al Quran kepada Rasulullah saw.

    Malam Nuzulul Quran
    Copyright ©Ist

    Lantas apakah Keistimewaan dari malam tersebut ?? Jika kita merujuk pada pengertian dari Nuzulul Quran maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa keistimewaan dari malam tersebut adalah sebagai berikut:

    1. Malam Turunnya Al Quran

    Keistimewaan yang pertama adalah malam turunya Al Quran. Dan ini pun tak terjadi pada malam-malam yang lainnya.  Al Quran diturunkan bukan hana untuk Nabi Muhammad saja, melainkan untuk pembeda antara yang baik dan benar serta petunjuk bagi umat Islam.

    Al Quran diturnkan pada malam Lailatul Qadar secara keseluruhan, namun penyampaiannya kepada Nabi Muhammad yang dilakukan secara berangsur-angsur.

    وَقُرْآناً فَرَقْنَاهُ لِتَقْرَأَهُ عَلَى النَّاسِ عَلَى مُكْثٍ وَنَزَّلْنَاهُ تَنزِيلاً

    Artinya: “Dan Al Quran itu telah kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan kami menurunkannya bagian demi bagian.” (QS. Al Isra : 106)

    1. Diturunkannya Wahyu yang Pertama

    Pada Malam ini pula, Allah Swt menurunkan wahyu yang pertama melalui perantara malaikat Jibril. Dan wahtyu yang pertama ini diturnkan surah Al Alaq ayat 1-5 bertempat di sebuah gua bernama gua hira’.

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY