Samuel Johnson Hadir di Laman Google Doodle Hari Ini!

    0
    675
    Samuel Johnson
    Copyright ©Samuel Johnson

    Samuel Johnson Hadir di Laman Google Doodle Hari Ini!

    Indowarta.com – Sudah mengerti apa itu makna kata ‘Lexicographer’? Jika belum mengerti maka kita akan demngam mudah menemukan makna artinya melalui google. Namun tak sedikit pula yang mencari apa maknyanya dari dalam kamus.

    Baca: Sir John Cornforth, Ahli Kimia Peraih Nobel yang Jadi Google Doodle Hari Ini!

    Tepatnya hari ini, Senin, 18 September 2017 melalui Google Doodle merayakan ulang tahun yang ke- 308 penyusun kamus Inggris, Samuel Johnson. Pada 18 September ini pula adalah merupakan hari lahir dari Samuel.

    Lantas siapakah  Samuel Johnson yang menjadi tema google doodle hari ini? Ia adalah seorang penulis ternama asal Inggris yang mana juga terkenal sebagai tokoh sastra. Ia lahir pada 18 September 1709 dan meninggal 13 Desember 1984.

    Johnson sangat terkenal sebagai seorang penyair, esais, moralis, kritikus sastra, editor, biographer dan juga leksikografer. Sementara itu karya Johnson dianggap sebagai ‘Karya tunggal seni biografi yang paling terkenal dalam ejarah sastra’. James Boswell – Life of Samuel Johnson.

    Di London sendiri ia memulai kiprahnya sebagai seorang penulis esai untuk majalah The Gentleman. Sejumlah karta permulaan diantaranya The Life of Richard Savage puisi berjudul ‘London dan ‘The Vanity of Human Wishes’ serta drama yang bertajuk ‘Irene’.

    Samuel Johnson
    Copyright ©Googledoodle

    Karyanya yakni ‘A Dictionary of The English Language’ telah ia terbitkan pada tahun 1755. Karya ini pun sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan bahasa Inggris modern dan digambarkan sebagai ‘karya tunggal terbesar yang pernah di terbitkan’.

    Karyanya ini pula membuat Samuel Johnson memperoleh kesuksesan dan juga popularitas yang besar pula dan karyanya ini juga dianggap sebagai kamus bahasa inggris yang paling unggul sebelum diterbitkan oleh Oxford English Dictionary 150 tahun kemudian.

    Baca: Kenalan dengan Sosok James Wong Howe, Sinematrografer yang Muncul di Laman Google Doodle!

    Karya-karyanya yang lainya ini pun termasuk esai, serta edisi anotasi yang juga berpengaruh dalam penciptaan drama-drama William Shakespeare dan Rasselas. Pada tahun 1763, ia perteman dnegan James Boswell yang kemudian menemani perjalannya ke Skotlandia.

    Lantas apakah Leksikografer dan mengapa kata-kata ini dikaitkan dengan Johnson? Dalam bahasa Indonesia tak mengenal lema Leksikografer namun punya lema leksikografi yang artinya cabang ilmu bahasa mengenai teknik penyusunan kamus atauperihal penyusunan kamus.

    Sementara dalam animasi Google doodle hari ini, lexicographer diartikan sebagai ‘A harmless drudge that busies himself in tracing the original and detailing the signification of words’.

    Menjelang akhir hidup Samuel Johnson, ia telah menghasilkan karya-karya yang cukup besar dan juga berpengaruh yakni Lives of the Most Eminent English Poets, sebuah koleksi biografi penyair-penyair pada abad ke-17 dan 18.

    baca juga !

    Marshall McLuhan Hadir Sebagai Google Doodle Hari Ini, Siapakah Gerangan?

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY