Pengertian, Hukum dan Istimewanya Puasa Sunnah 1 Muharram!

    0
    8090
    Kumpulan Kata Kata Mutiara Untuk Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah!
    Copyright©Istimewa

    Pengertian, Hukum dan Istimewanya Puasa Sunnah 1 Muharram!

    Indowarta.com – Tentunya umat Islam sudah mengerti bahwa selain melakukan ibadah puasa Ramadhan, ada beberapa puasa lain yang dilakukan selain bulan Ramadhan. Sepertinya dari kalian, juga sudah mengenal tentang Puasa Sunah 1 Muharram atau yang biasa dikenal puasa Asy Syura.

    Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam tahun Hijriyah atau tahun baru Islam. Serta merupakan salah satu dari empat bulan haram atau bulan yang penuh dengan kemuliaan. Empat bulan tersebut diantaranya, bulan Muharram, Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Rajab.

    Ibadah puasa sepuluh hari pada bulan Muharram terutama pada tanggal 10 yang dikenal dengan istilah Yaumu ‘Asyuro. Di tanggal 10 itu terdapat sebuah Sunnah Rasulullah yang menganjurkan umatnya untuk melakukan puasa. Berikut ini merupakan beberapa keutamaan melaksanakan puasa tersebut.

    BACA JUGA: Kumpulan Kata Kata Mutiara Untuk Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah!

    Memang begitu banyak keistimewaan bulan Muhharam. Khususnya di tanggal 10, Allah telah menyelamatkan nabi Musa As beserta kaumnya dari kejaran para tentara Fir’aun dan menenggelamkan mereka di laut merah.

    Muharram
    Copyright ©Ist

    Rasul pun menetapkan tanggal 10 Muharram untuk melakukan puasa sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah dan untuk menghilangkan tradisi dari masyarakat Jahiliyah. Sebab, dulu puasa 10 Muharram hukumnya wajib. Namun diubah menjadi puasa sunah.

    BACA JUGA: Bacaan Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram!

    Rasul bersabda:

    “Sesungguhnya zaman itu berputar sebagaimana bentuknya semula di waktu Allah menciptakan langit dan bumi. Setahun itu ada dua belas bulan, diantaranya termasuk empat bulan yang dihormati: Tiga bulan berturut-turut;Dzul Qoidah, Dzul Hijjah, Muharram, dan Rajab Mudhar yang terdapat antara bulan Jumadal Tsaniah dan Sya’ban. (HR Imam Muslim)

    Meski hukumnya sunah, namun pada tanggal 10 Muhharam umat Islam sangat dianjurkan melaksanakan puasa demi mendapatkan pahala serta keutamaannya.

    Telah disebutkan dalam sebuah hadist, bahwa puasa yang plaing utama setelah puasa Ramadhan yakni puasa Muharram. Pusasa Muharram dapat menghapuskan dosa yang dilakukan di masa lalu maupun sekarang. Sementara itu bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia dan Rasul selalu berusaha untuk melaksanakan puasa di bulan Muharram.

    Dan untuk membedakan puasa umat Islam dengan umat Yahudi, Rasul pun menganjurkan pada umatnya untuk melakukan Puasa Sunah 1 Muharram sebelum dan sesudah tanggal 10 Muharram.

    BACA JUGA: Makna Peringatan Tahun Baru Islam, 1 Muharram yang Jatuh besok Petang Rabu 20 September 2017!

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY