Fakta Menarik Tentang Sosok Asima Chatterjee, Doktor Dari India!

    0
    820
    Copyright ©Asima Chatterjee

    Fakta Menarik Tentang Sosok Asima Chatterjee, Doktor Dari India!

    Indowarta.com – Jika kita melihat halaman pertama pada tampilan Google hari ini, Sabtu, 23 September 2017 maka akan muncul Google Doodle yang menampilkan sosok wanita berkacamata yang nampak sedang mengenakan kacamata dan memejamkan mata.

    Sementara itu disekelilingnya terdapat lambang struktir molekul kimia yang disusun membentuk kata ‘Google’ yang berwarna hijau yang mana juga menggambarkan kimi organic. Sang tokoh wanita yang diankat sebagai tema Google Doodle hari ini adalah Asima Chatterjee.

    Lantas siapa sih Asima Chatterjee? Asima adalah seorang wanita asal India yang berprofesi sebagai ahli kimia. Ia adalah wanita kelahiran Kolkata, Bengal, 23 September 1917. Dan Doodle yang dibuat oleh Google ini pun untuk merayakan ulang tahun Asima yang ke 100.

    Baca: Asima Chatterjee, Jadi Wanita Pertama di India yang Raih Gelar Doctorate of Science!

    Asima sendiri meniti karirnya dimasa-masa saat wanita jarang menggeluti bidang kimia. Bukan hanya itu saja, ia lalu kemudian menjadi seorang wanita pertama di India yang meraih gelar Doctorate Of Science. Ia adalah ahlinya kimia India dalam bidang kimia organic dan juga fito kimia.

    Karya Asima Chatterjee yang paling banyak dikenal adalah penemuan alkaloid vinca yang merupakan senyawa alkaloid dari tanaman bunga vinca. Dalam penelitanya tersebut, ia menggunakan tanaman tapak dara untuk mengekstrasi senyawa alkaloid yang berguna bagi kesehatan yakni obat kemoterapi untuk membantu memperlambat atau menghentkan sel kanker agar tak berkembang lebih banyak lagi.

    googledoodle
    Copyright ©google doodle

    Tak hanya itu saja, ia juga mengembangkan penemuan obat anti epilepsy dan juga anti malaria. Ia juga menghasilkan berbagai karya lain dalam penelitian obat dari tanaman asli dari Negara yang berjuluk Anak Benua tersebut.

    Baca: Amalia Hernandez, Sosok Penari Tekenal dari Meksiko yang Hadir di Google Doodle Hari Ini!

    Ketertarikan Asima dalam mempelajari kimia organic khusunya tanaman obat asal India ini pun dipengaruhi oleh sang ayah yakni seorang dokter, Indra Narayan Mukherjee, ahli botani amatir India. Penelitiannya pun berfokus pada produk kimia alam dan juga menghasilkan obat anti kejang, anti malaria dan juga kemoterapi.

    Kerja keras dan pencapaian Asima Chatterjee diakui oleh universitas-universitas di seluruh dunia. Ia pun pernah bergabung di Lady Brabourne College di Universitas Kolkata pada 1940 sebagai kepala pendiri departemen kimia. Pada tahun 1962, Chatterjee diberi gelar Guru Besar Khaira di bidang kimia di Universitas Kolkata dan menjabat hingga tahun 1982.

    Asima pun juga mendapatkan penghargaan tertinggi Padma Bhusan dari pemerintah India. Ia juga menjadi wanita pertama yang memperoleh Shanti Swarup Bhatnagar Award di bidang Kimia. Asima Chatterjee meninggal pada 22 November 2006 saat usia 89 tahun karena penyakit komplikasi yang dideritanya.

    baca juga !

    Samuel Johnson Hadir di Laman Google Doodle Hari Ini!

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY