Berita Terbaru: Hatta Taliwang Ditahan Atas Postingan Di FB dan Dugaan Terlibat Makar !

0
1463
Hatta Taliwang
Copyright©konfrontasi

Penyidik Memutuskan Menahan Hatta Taliwang Agar Tak Hilangkan Barang Bukti !

Indowarta.com– Aktivis Hatta Taliwang dipastikan bakal ditahan oleh Petugas Polda Metro Jaya. Hal ini diputuskan usai pemeriksaan Hatta Taliwang oleh Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Dikutip dari pernyataan Kabid Humas Polda Metro Jaya. Ia mengatakan pihaknya akan melakukan penahanan terhadap Hatta Taliwang. Keputusan penahanan pada yang bersangkutan adalah wewenang dari penyidik. Hal ini didasari oleh beberapa alasan.

Argo juga menyatakan upaya penahanan ini dilakukan agar Hatta tidak menghilangkan barang bukti. Selain itu, Hatta sudah berstatus sebagai tersangka. Untuk keperluan penyidikan, polisi membutuhkan keterangan lebih dalam lagi.

Kronologi penangkapan Hatta Taliwang terjadi pada hari kemarin Kamis 8 Desember 2016. Terjadi pada pukul 01.30 WIB. Saat itu Hatta Taliwang berada di Rusun Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Ia resmi ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan mengunggah hasutan di Facebook yang sifatnya menimbulkan permusuhan. Terlebih menyebabkan perpecahan antar suku, agama, ras dan antar golongan (SARA).

hatta-taliwang
Copyright © kompas

Selain itu penyidik tengah melakukan pemeriksaan atas keterlibatan Hatta pada kasus pemufakatan makar. Polisi menyita sejumlah barang bukti, misalnya akun FB, notes, dan buku lainnya. Penyidik akan mempelajari sejumlah barang bukti tersebut.

Atas tindakan Hatta Taliwang dijerat Pasal 28 juncto Pasal 45 ayat 2 Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik.

Prabowo Argo Yuwono juga menyatakan bahwa penangkapan Hatta tida terkait kasus dugaan makar. Hanya pada kasus postingan di FB nya. Kala itu Hatta mengatakan jika orang Cina hobi beternak penguasa. Atas tulisan tersebut Hatta ditangkap.

Dalam penangkapannya pun Argo tidak melakukan perlawanan. Namun Polisi  telah mendapatkan informasi atas keterlibatan Hatta dalam pertemuan dengan sejumlah tersangka dugaan makar. Sebelumnya para tersangka sudah ditangkap sejak tanggal 2 Desember 2016.

Menurut Kapolda Metro Jaya, Irjen Mochammad Iriawan, Hatta memiliki peran dalam rapat tersebut. Terdapat sejumlah foto. Oleh sebab itu penyidik mengamankan dokumen yang berada di rumah Hatta. Iriawan berjanji akan membeberkan ke masyarakat usai penyelidikan dana itu secara jelas.

baca juga:

Tulis Status Di FB Berupa Ujaran Kebencian, Hatta Taliwang Dijadikan Tersangka !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here