Berita Terkini: Begini Kronolog Penolakan Pengajian Khalid Basalamah Oleh GP Ansor di Sidoarjo!

0
808
ustadz khalid
Copyrigth©Facebook/Dewi Respitasari

Berita Terkini: Begini Kronolog Penolakan Pengajian Khalid Basalamah Oleh GP Ansor di Sidoarjo!

Indowarta.com – Suasana memanas ketika puluhan anggota dari GP Ansor meminta tabligh akbar dihentikan, hal tersebut terjadi di sebuah masjid yang berada di Sidoarjo, Jawa Timur, yang diisi oleh Ustadz Khalid Basalamah. Peristiwa tersebut sempat ketegangan dari beberapa pihak, hingga sang ustadz memutuskan untuk mengalah dan setuju untuk menghentikan ceramahnya.

Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (4/3) di masjid Shalahuddin, perumahan Puri Surya Jaya, Gedangan, Sidoarjo, disana diselenggarakan tabligh akbar yang bertema ‘Manajemen Rumah Tangga’ dan akan dihadiri oleh ratusan orang. Di tengah Khalid menyempaikan kajiannya, tiba – tiba puluhan pemuda dari GP Ansor datang.

masjid sidoarjo
Copyrigth©Twitter

Mereka datang untuk menolak pengajian tersebut. Ketua dari Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Sidoarjo, Jawa Timur H. Rizza Ali Faizin mengatakan jika menurut pihaknya ceramah Khalid Basalamah menjelak – jelekan aliran tertentu. Hal tersebutlah yang tidak diinginkan oleh GP Ansor karena tindakan seperti itu nantinya akan menimbulkan permusuhan di antara masyarakat.

Menurutnya, untuk pengajian sendiri GP Ansor tidak mempermasalahkannya karena GP Ansor yang termasuk warga NU juga melakukan pengajian. Tapi yang disesalkan adalah pengajian yang berisi mengkafirkan orang tanpa adanya klarifikasi.

Sekitar 60 anggota dari Banser dan GP Ansor Gedangan datang menolak pengajian dari Khalid Basalamah. Akibat kerusuhan di luar, dan juga sempat terjadi aksi saling dorong dari polisi dan anggota Banser yang mencoba untuk memasuki masjid, Khalid Basalamah pun memutuskan untuk menghentikan pengajian tersebut yang bahkan baru berlangsung selama 25 menit.

“Kita berhenti dulu sampai di sini. Kondisinya ada beberapa saudara kita Muslim yang tidak setuju dengan pengajian ini,” ucap Ustadz Khalid Basalamah.

Ustadz Khalid
Copyrigth©Facebook/Dewi Respitasari

Jamaah yang hadir pun dibuat ricuh setelah mendengar hal tersebut, namun Khalid turut menenangkan mereka. Menurut Heru Purnomo, ustadz Khalid Basalamah diamankan dengan mobil Polres yang menuju Polda Jatim untuk menghindari konflik yang lebih ricuh.

Ketika keluar dari masjid, Jemaah pun membentuk barikade untuk melindungi sang ustadz. Ceramah pun dilanjutkan oeh ustadz lain dengan tema yang sama. Kapolresta Sidoarjo Kombespol Anwar Nazir menghimbau masyarakat untuk tertib.

BACA JUGA Berita Terkini: GP Ansor Jember Beri Waktu 3 Hari Ahok Minta Maaf Ke Ma’ruf Amin !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY