Sistem PPDB Online SMA Tuai Banyak Keluhan?

0
442
Copyright ©Pojok Satu

Sistem PPDB Online SMA Tuai Banyak Keluhan?

Indowarta.com – Sistem pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2017 untuk SMA masih terganggu. Terdapat banyak keluhan dari berbagai daerah terkait dengan perbedaan sekolah yang dituju dengan hasil yang ada di laman resmi PPDB online.

Sehingga muncul dugaan, pengamanan sistem yang kurang kuat sehingga mudah diretas. Banyak keluhan yang masuk, berupa pengalihan sekolah yang dituju.

Misalnya saja di Kota Cimahi, ada eorang calon peserta didik yang hendak mendaftar ke SMAN 1 Cimahi pada Selasa, 6 Juni 2017 lalu. Namun hasil akhir yang tertera di laman PPDB online tersebut, calon peserta didik justru terdaftar di MAN Al-falah Cianjur.

Baca Juga PPDB Online Dibuka Hari Ini, SMA di Jawa Barat Mulai Bersiap!

Rupanya keluhan serupa juga masuk ke Ombudsman Perwakilan Jawa Barat pada Rabu, 7 Juni 2017 kemarin, dari Kabupaten Purwakarta. Dikatakan Asisten Ombudsman Jawa Barat Adhe Purnama yang menerima laporan, ada pendaftar yang berniat mengikuti eleksi melalui jalur prestasi. Namun, hasil akhirnya dia malah diarahkan ke sekolah swasta.

Copyright ©karawangtoday

Ade menyebut ada beberapa kasus PPDB online yang juga di laporkan. Sehingga beberapa sekolah menduga pengamanan sistem tidak terlalu kuat sehingga mudah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini jelas merugikan para peserta didik tersebut.

Selain itu, Ade juga mengatakan di sebuah SMA di Soreang, laporan dari tim pemantauan PPDB Ombudman Jabar, disebutkan panitia di sekolah tidak dapat membantu banyak pendaftar. Bahkan saat sistem mengalami gangguan, panitia tersebut malah ikut panik.

Baca Juga Server PPDB Dikhawatirkan Terganggu!

Disebutkan, hingga hari kedua PPDB online, sistem masih dalam pemeliharaan sehingga menyulitkan pendaftrar. Namun keluhan tidak terjadi pada pendaftaran di SMK. Menurut Ade, kemungkinan besar sistem daring SMK lebih mapan jika dibandingkan dengan SMA.

Di sisi lain, PPDB online nonakademik telah ditutup di website resmi PPDB. Hal itu membuat masyarakat kebingungan karena di hari pertama, kesempatan mereka untuk mendaftarakan anaknya telah hilang.

Padahal menurut jadwal di Dinas Pendidikan Jawa Barat, pendaftaran untuk SMA akan berakhir pada 10 Juni 2017, dan SMK  akan berakhir pada 14 Juni 2017.

Baca Juga PPDB Online Sepi, Orang Tua Siswa Pilih Mengantre Sejak Subuh!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here