Berita Terkini : Inilah Alasan Utama Kenapa Polri Tolak Tawaran Umar Patek Jadi Mediator Pembebasan Sandera Abu Sayyaf !

0
2154
abu sayyaf

Berita Terkini : Inilah Alasan Utama Kenapa Polri Tolak Tawaran Umar Patek Jadi Mediator Pembebasan Sandera Abu Sayyaf !

indowarta.com– Sudah sebulan lebih kelompok Abu Sayyaf menyandera 10 anak buah kapal (ABK) Brahma 12. Hingga saat ini juga masih belum ada kejelasana bagaimana nasib dari 10 sandera tersebut yang merpakan Warga Negara Indonesia.

Narapidana Kasus terorisme, Umar Patek yang pernah berhubungan dengan kelompok radikal Abu Sayyaf ini pun menawarkan pertolongan untuk bernegosiasi dengan Abu Sayyaf. Namun hingga saat ini pihak kepolisian masih menganggap bahwa hal itu masih belum diperlukan.

Kadiv Humas Mabes Polri Brigjen Boy RAfli Amar menyebutkan bahwa pihaknya juga telah menerima banyak tawaran yang mengaku bisa bernegosiasi dengan kelompol radikal Abu Sayyaf tersebut.tak ketinggalan juga Umar Patek. Namun hingga saat ini pemerintah Indonesia masih memilih untuk fokus berkerjasama dengan pihak pemeriintah Filippina.

Boy mengatakan biarlah pemerintah saat berusaha untuk mengupayakan negosiasi dengan pemegang otoritas disana. Kita harus sama-sama dengan otorias di Filipina. Selain itu kata Boy menanggapi banyak yang mengatakan bahwa pemerintah lambat dalam upaya pembebasan sandera ini semata-mata karena pemerintah Indonesia menghargai otoritas setempat.

abu sayyaf

Selain itu pemerintah Filipina juga sudah berusaha dengan maksimal untuk upaya pembebasan para sandera dari tangan Abu Sayyaf. Hal senada juga sering dikemukakan oleh Kementerian Luar Negeri yang lebih mengedepankan upaya negosiasi bersama berjalan dengan baik. Harapan pemerintah adalah dengan adanya komunikasi yang baik antar negara, kegiatan di lapangan bisa berjalan dengan baik.

Kementerian luar negeri mengatakan bahwa kita harus menghargai para tentara Filipina yang gugur dalam upaya pembebasan sandera dari Abu Sayyaf tersebut.

Sementara itu muncul dugaan bahwa tempat sandera Abu Sayyaf berpindah-peindah. Hal itu bukan tanpa alasan. Sebab, operasi untuk memberantas anggota Abu Sayyaf maupun membebaskan sandera sudah kerap dilakukan. Operasi tersebut juga dilakukan secara berpindah-pindah tergantung dimana sandera tersebut disembunyikan oleh Abu Sayyaf. Meskipun demikian, oprasi yang dilakukan oleh Filipina pasti diberitahukan melalui menteri luar negeri.

baca juga :

Berita Terkini : Umar Patek Tawarkan diri Jadi Negosiator Atas Indonesia Dan Kelompok Separatis Abu Sayyaf, Boleh ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here