Marshall McLuhan, Tokoh yang Telah Memprediksi Munculnya Web Ini Diperingati Oleh Google Hari Ini!

0
292
Marshall McLuhan
Copyright©tribunkaltim

Marshall McLuhan, Tokoh yang Telah Memprediksi Munculnya Web Ini Diperingati Oleh Google Hari Ini!

Indowarta.com – Google kali ini memasang Marshall McLuhan dihalaman doodle untuk memperingati hari kelahirannya. Gambar tersebut dipasang Google Doodle untuk memperingati atau sebagai bentuk penghormatan hari ualng tahunnya yang ke 106.

Lalu siapakah sebenarnya sosok Marshall McLuhan tersebut?

Marshall McLuhan sendiri merupakan seorang guru besar dan ilmuan komunikasi ternama di eranya. Dia sangat terkenal karena telah memeprediksi kehadiran internet atau Word Wide Web dan prediksi tersebut benar adanya serta digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia hingga saat ini.

Prediksi akan hadirnya internet ini dikemukakan jauh sebelum internet itu sendiri muncul yakni 30 tahun sebelum hal tersebut benar-benar ada. Marshall terkenal dengan teorinya tentang membagi fase perkembangan peradapan manusia yang dibagi menjadi empat era. Menurutnya teori tersebut benar adanya dan merupakan transformasi akibat perkembangan teknologi.

Marshall McLuhan
Copyright©beritajeneponto

Keempat teori yang diutarakan oleh Marshall McLuhan tersebut diantaranya era pertama ialah suku (a tribal age) atau bisa disebut era indera, kedua ialah era literal (literate age) atau era tulisan. Kemudian dua lainnya yakni era cetak (a print age) dan era keempat ialah era elektronik (electronic age).

Pada era terakhir inilah yang hingga kini masih digunakan oleh manusia dan terbukti jika sekarang hampir semua dilakukan dengan teknologi elektronik. Era elektronik sendiri membuat manusia semakin tidak banyak mengeluarkan tenaga dan semakin murah serta cepat dalam bekomunikasi. Konsep itu juga diterapkan Marshall dengan nama global village (desa global).

Marshall McLuhan mengatakan dengan adanya teknologi elektronik membut dunia seakan semakin kecil. Pria bernama lengkap Herbert Marshall McLuhan ini tak hanya dikenal dengan teori pembagian fasenya, namun juga dikenal dengan teori medium atau pesan (medium is the message). Dalam teorinya ini ia menyatakan  jika media tak hanya mempengaruhi masyarakat dari konten yang disampaikan melalui media itu melainkan juga oleh karasteristik media itu sendiri.

Herbert Marshall McLuhan sendiri lahir di Edmonton, Alberta, Canada pada 21 Juli 1911. Pria yang dikatakan sebagai guru besar dan seorang ilmuwan komunikasi ini meninggal dunia pada usia 69 tahun di Toronto, Ontario, Canada pada 31 Desember 1980.

baca juga : Eiko Ishioka Jadi Sosok yang Muncul dalam Google Doodle Hari Ini, Siapakah Gerangan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here