Siapa itu Etnis Rohingnya dan Fakta Mengejutkan yang Musti Kamu Ketahui!

0
1375
copyright©BBC

Siapa itu Etnis Rohingnya dan Fakta Mengejutkan yang Musti Kamu Ketahui!

Indowarta.com – Sampai sekarang ini umat Muslim Rohingya masih banyak yang mencoba untuk mengungsi ke beberapa negara terdekat dari Rakhine, Myanmar. Sampai sekarang ini lebih dari 87.000 orang mengungsi ke Bangladesh untuk menyelamatkan diri dari kekerasan.

BACA JUGA : Ini Dia Sosok Jenderal Myanmar yang Paling Bertanggung Jawab Atas Pembantaian Etnis Rohingya!

Dari peristiwa yang terjadu di negara bagian Rakhine tersebut, berikut beberapa fakta yang mungki kamu ketahui:

  1. Awal mula permasalahan etnis Rohingya

Para pengungsi ini menilai kalau aparat keamanan Myanmar dan kelompok militant radikal Budha sudah membakart desa mereka. Sedangkan pemerintah Myanmar berdalih, kalau mereka hanya melakukan upaya balasan dari serangan ke 20 pos polisi oleh milisi Rohingya.

Sehingg terjadinya bentrokan yang terjadi di negara bagian Rakhine tidak dapat dihelakan, banyak warga sipil baik Islam atau Budha telah mencoba untuk melarikan diri dan menyelamatkan diri dari aksi bentrok tersebut.

  1. Langkah PBB dalam koflik ini
rohingya
Copyright©Warta kita

Yanghee Lee selaku Pelapor khusus PBB soal hak asasi manusia untuk Myanmar, sudah memberikan kritikan kepada pemimpin de facto negara Myanmar, Aung San Suu Kyi, hal itu karena pihaknya gagal dalam melindungi warga Rohingya.

BACA JUGA : Aung San Suu Kyi Kritisi Menyebarkan Foto Hoax Tragedi Rohingya!

Sedangkan lembaga pematau HAM masih mendesak Myanmar untuk memberikan izin kepada Tim Pencari Fakta (TPF) bentukan dari Dewan HAM PBB , tim ini dapat masuk dan mengungkap kebenaran dari kekerasan yang terjadi kepada Rohingya di negara bagian Rakhine tersebut.

  1. Bantuan dari Indonesia

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi  telah melakukan pertemuan dengan  San Suu Kyi untuk untuk membahas masalah penyelesaian Rohingya. Dalam kesempatan itu,d Menlu sudah menyerahkan Formula 4+1 , yang berisikan:

  • Mengembalikan stabilitas dan keamanan
  • Menahan diri secara maksimal dan tidak menggunakan kekerasan
  • Perlindungan kepada semua orang yang berada di negara bagian Rakhine, tanpa memandang suku dan agama
  • Pentingnya segera dibuka akses untuk bantuan keamanan
  1. Dalam konflik tersebut, ada faktor lain selain agama.

Dalam konflik ini ada sisi agama, akan tetapi juga ada sisi antaretnis serta ekonomi. Sampai sekarang ini komunitas warga yang berada di Rakhine terdiskriminasi secara budaya, dan diekploitasi secara ekonomi. Bahkan terpinggirkan oleh pemerintah pusat yang kebanyaan dari etnis Burma.

BACA JUGA : Geliat RI Bantu Krisis Rohingya yang Di Sorot Oleh Dunia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here