Mi Samyang Dapatkan Sertifikat Halal, MUI Cek Langsung Pabrik di Korea Selatan!

0
184
Mi Samyang.
Copyright©halhalal

Mi Samyang Dapatkan Sertifikat Halal, MUI Cek Langsung Pabrik di Korea Selatan!

Indowarta.com – Salah satu produk yang berasal dari Korea Selatan, Mi Samyang sekarang ini telah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Diketahui kalau produk ini adalah impor oleh PT Korinus.

BACA JUGA : Fenomena 10 Ikan Paus Terdampar di Aceh Ini Jadi sorotan Dunia!

Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch (IHW) Komisi Hukum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikhsan Abdullah mengatakan, PT Korinus sudah melakukan pengurusan sertifikasi halal kepada MUI sejak tahun lalu.

Namun, setelah dilakukan serangkaian pengecekan dengan waktu lama, pada akhirnya sertifikasi tersebut baru diterbitkan. Sehingga dengan ini, Mi Samyang yang diimpor oleh PT Korinus telah mendapatakan sertifikasi MUI.

“PT Korinus yang mengimpor produk Mi Samyang saat ini telah memperoleh sertifikasi halal. Pengajuannya memang sudah cukup lama,” kata Ikhsan, Senin (13/11/2017).

Sebelum memberikan sertifikasi halal kepada produk Mi Samyang ini, Ikhsan mengungkapkan, kalau pihak MUI sendiri langsung mendatangi pabrik pembuatan produk tersebut yang ada di Korea Selatan.

Mi Samyang
Copyright©viva

Hal ini dilakukan untuk pengecekan apakah bahan yang telah digunakan dalam Mi Samyang ini hala atau tidak. Selanjutnya ialah melakukan pengecekan untuk bahan produk tersebut didalam laboratorium sampai dihidangkan kepada fatwa MUI.

BACA JUGA : Fenomena Misteri Wanita Berkeringat Darah di Italia, Bagaimana Penjelasannya?

Usai melakukan serangkaian pengecekan tersebut, barulah MUI telah memberikan sertifikasi halal kepada produk Mi Samyang yang di impor oleh PT Korinus. Namun, dalam kurun waktu dua tahun mendatang, MUI akan kembali melakukan audit kehalalan.

Akan tetapi, jika terdapat sejumlah keluhan yang disampaikan oleh masyarakat, maka MUI dapat langsung melakukan pencekan sewaktu-waktu. Ikhan menganggap, adanya pengajuan sertifikasi halal ini cukup tepat, lantaran pangsa pasar yang ada di Indonesia sendiri kebanyakan penduduk muslim yang menginginkan kepastian kehalalan produk tersebut.

“Ini kan mententramkan masyarakat, konsumen khususnya konsumen muslim di Indonesia. Jadi perilaku demikian patut diapresiasi, semakin jelas siapa produsennya dan tidak mengandung bahan yang diharamkan,” paparnya.

Sebelumnya diketahui, beberapa waktu lalu PT Korinus telah terdampak adanya isu yang menyatakan kalau produk Mi Samyang tidak halal. Karena masih belum memiliki label dari MUI, namun sudah mendapatkan label halal yang diberikan oleh Korea Muslim Federation (KMF) dan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

BACA JUGA : Berita Terkini: Ahli Ikan Komentari Fenomena Kemunculan Ikan Hiu Paus di Teluk Jakarta !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here