Pemerintah Siapkan Skema Impor , Hindari Melonjaknya Harga Daging Sapi !

    0
    996
    harga daging sapi

    Pemerintah Siapkan Skema Impor , Hindari Melonjaknya Harga Daging SapiĀ  !

    Indowarta,com– Tingginya harga daging sapi di pasaran pada saat ini juga tidak lepas dari peran pihak swasta atau importir daging. Hal ini karena realisasi impor yang telah dilakukan oleh pihak swasta tidak sesuai dengan yang diharapkan atau tidak mencapai target dari izin yang telah diberikan oleh pemerintah.

    Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan) Hari Priyono mengatakan bahwa kondisi pada saat ini memang membuat pasokan daging di pasaran menjadi lebih sedikit. Pasokan daging yang sedikit ini menjadikan harga daging sapi melejit tinggi di pasaran.

    Di dalam diskusi ‘Harga Daging Stabil Tinggi, Siapa Bertanggung Jawab?’ yang diselenggarakan di Jakarta, Hari Priyono menyebutkan bahwa masalahnya dari perkiraan, sudah diberikan izin pemasukan (impor), namun realisasi yang di impor tidak sepenuhnya seperti yang telah diajukan.

    Hari menjelaskan bahwa kebijakan impor pada saat ini diputuskan di rapat koodinasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersma dengan kementerian yang terkait. Selain hal tersebut telah dibahas oleh pemerintah, kebutuhan impor ini juga dibahas demgan melibatkan asosiasi importir daging. Di dalam satu tahun, pihak swasta bisa melakukan impor sebanyak dua kali.

    daging sapi

    Hari menjelaskan kebutuhan ini sudah didiskusikan dengan pihak asosiasi. Kedua belah pihak juga sudah sepakat bahwa pada semester ini berapa buka lalu asosiasi yang apply. Pada semester kedua buka berapa kemudian asosiasi apply. Mereka juga meminta rekomendasi untuk mengajukan izin impor.

    Oleh karena itu Kementerian Pertanian telah mengajukan untuk mengubah sistem impor daging sapi. Hari mengatakan bahwa importasi ini akan diubah sesuai dengan kebutuhan pada saat ini. Kementerian Pertanian akan mengajukan usulan tersebut di dalam rapar koordinasi bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada bulan Juli setelah hari raya lebaran nanti.

    Menteri Pertanian telah mengusulkan periodesasi semester yang kaku ini untuk ditinjau kembali. Sebagai gambaran saja, untuk periodesasi dari bulan Mei hingga Agustus 2016 persetujuan dari impor sebanyak 46 ribu ton daging sapi beku, namuna realisasinya hanya sekitar 23 ribu ton. Untuk sapi bakalan diberi target 450 ribu ekor yang baru terealisasi 292 ribu ekor.

    baca juga :

    Tolong Hidupkan Kembali Lagu Anak Anak, Sudah terlalu Miris Kita Mendangar Anak anak Nyanyikan Lagu Orang Dewasa !

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here