Inilah Penampakan Dua Kuda Sandalwood yang Dilaporkan Oleh Jokowi Ke KPK!

0
2304
Jokowi-Jk
Copyright©teropongsenayan

Inilah Penampakan Dua Kuda Sandalwood yang Dilaporkan Oleh Jokowi Ke KPK!

Indowarta.com – Direktorat Gratifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima laporan dari Presiden Joko Widodo soal keberadaan dua kuda yang sudah diterimanya dari warga Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT).

BACA JUGA : Presiden Jokowi Akan Takbiran dan Shalat Idul Adha di Sukabumi!

Walau sudah melakukan laporan terkait dengan kuda-kuda ini, namun hewan ini masih belum diserahkan kepada KPK. Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono mengatakan, dalam laporan Jokowi tersebut juga menyertakan jenis kuda tersebut, yaitu termasuk dalam jenis Sandalwood.

Kedua kuda tersebut diketahui memiliki usia tujuh tahun, sedangkan untuk harganya mencapai Rp 70 juta. “Diantar oleh Satpol PP Kabupaten Sumba Barat Daya dan seorang dokter hewan,” ucap Giri saat dikonfirmasi, Kamis (31/8/2017).

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Saat Presiden Jokowi Beri Kenang Kenangan Manis Untuk Raja Salman!

Giri mengatakan, kalau dua kuda itu telah diserahkan kepada Jokowi pada tanggal 25 Juli 2017 serta dilaporkan kepada KPK pada 22 Agustus 2017. Sekarang ini KPK masih akan menganalisi dan mengklarifikasi adanya laporan kuda tersebut.

“Menurut UU harus selesai sampai dengan SK penetapan dalam 30 hari kerja sejak dilaporkan. Dihitung saja hari kerjanya,” kata Giri.

Kuda Pemberian warga Sumba kepada Jokowi
Copyright ©Dok. Istimewa

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengungkapkan, sekarang ini dua kuda Jokowi tersebut masih berada di Istana Bogor. Selaku Penyelenggara negara, Bey menilai, kalau Jokowi memang seharusnya melaporkan dua kuda yang telah diterimanya tersebut.

BACA JUGA : Jonru Ginting Ungkap ‘8 Cacing Ditakuti Kubu Sebelah’ Usai Pertanyakan Orang Tua Jokowi!

“Karena Pak Jokowi sebagai penyelenggara negara, maka kuda kuda dilaporkan sesuai perundangan-undangan berlaku,” ungkap Bey.

WAJIB BACA :  Kena Tuntutan 4 Tahun, Penulis Buku Jokowi Undercover Yakin Divonis Bebas!

Sebelumnya, Jokowi telah melaporkan pemberian dua kuda dari warga Sumba, NTT. KPK sendiri masih akan mempertimbangkan akan ditaruh dimana nantinya dua kuda tersebut. Hal ini karena pada mekanisme penyimpanannya barang dari gratifikasi, masih belum ada aturan untuk hadiah seperti ini.

Karena kuda ini termasuk pemberian hadiah yang membutuhkan biaya pemeliharaan, berbeda dengan pemberian benda mati. Terkait dengan keputusan penempatan kuda tersebut, masih menunggu persertujuan.

“Kuda ini nggak bisa kami simpan dan nggak bisa dilelang di sini, karena membutuhkan biaya pemeliharaan. Makanya nanti setelah pimpinan setuju agar ini menjadi milik negara, kita pikirkan kuda ini ditaruh di mana,” kata Giri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (30/8).

BACA JUGA : Saat Jokowi Blangkinan, Bingkisan Senilai Rp 170.000 Juta ke KPK!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here