5 Fraksi Di DPR yang Mendukung Revisi UU Ormas!

0
569

5 Fraksi Di DPR yang Mendukung Revisi UU Ormas!

Indowarta.com – Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) baru saja disahkan menjadi undang-undang. Namun penetapan Perrpu Ormas menjadi UU tersebut hingga kini masih menyisakan polemik.

Sejumlah fraksi di DPR menyatakan ingin revisi UU Ormas terbaru tersebut. Salah satu pasal yang paling menjadi sorotan yakni membubarkan ormas anti-Pancasila tanpa melalui jalan pengadilan.

Namun ada pula yang menyampaikan keinginan untuk dilakukan revisi UU Ormas pada bagian lainnya. Lalu siapa saja fraksi di DPR yang mendukung dilakuannya revisi UU Ormas ini?

Sejumlah fraksi yang menyatakan menolak UU Ormas ini salah satunya Partai gerindra. Seperti diketahui jika Gerindra secara konsisten menolak UU Ormas dan akan memasukan revisi UU Ormas ke Program Legislasi Nasional (Prolegnas) di DPR. ‘Kami bisa masukan ke dalam Prolegnas dan pasti nanti akan kami usulkan’ ujar Wakil Ketum Gerindra Fadli Zon saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta pada Rabu, 25 Oktober 2017.

WAJIB BACA :  Perppu Ormas Perlu Karena Untuk menjaga Eksistensi bangsa!
Perppu Ormas
Copyright ©okezone

Ada lagi yakni fraksi PAN juga menolak keras UU Ormas dan mereka akan mengusulkan revisi masuk Prolagnas tahun 2018. ‘Kami akan mengajukan revisi dasar artinya masa sidang berikutnya kami akan mengusulkan kepada Prolegnas untuk menjadi target tahun 2018’ ujar Sekertaris Fraksi PA, Yandri Susanto.

Kemudian ada PPP yang juga merupakan partai pedukung pemerintah. PPP sepakat menyetujui Perppu Ormas disahkan menjadi UU, namun dengan catatan peraturan tersebut harus direvisi. ‘PPP akan mengajukan revisi UU Ormas. Kami sedang menyusun naskah akademik dan draf RUU untuk perubahan Peppu Ormas’ ujar Sekjen PPP.

Selanjutnya ada Partai Golkar yang menyatakan tetap membuka kemungkinan untuk merevisi UU Ormas. Menurut Wakil Sekertaris Jenderal Golkar Ace Hasan, revisi nantinya akan terfokus pada pasal yang unsur pidanya kuat. ‘Kami terbuka yakni kemungkinan untuk melakukan revisi. Revisi dilakukan pada pasa-pasal yang dianggap kuat dan itu akan menjadi diinvertarisir dalam revisi’ ujarnya.

WAJIB BACA :  Disebut Bikin Gaduh Umat Beragama, Eggi Sudjana Dilaporkan Ke Polisi!

Sementara itu partai terakhir yang mendukung dilakuannya revisi UU Ormas yakni PKB. Partai ini menjadi inisiator bersama fraksi lain untuk mendorong dilakuannya revisi. Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya pasal yang dianggap berbahaya.

Baca juga : SBY Minta Perppu Ormas Segera di Revisi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here