Waduh, Lampu Mobil Terlalu Silau, Pengemudi Bisa Dipenjara 2 Bulan!

0
377
Copyright ©Mobilupdate

Lampu Mobil Terlalu Silau Salah Satu Penyebab Kecelakaan

Indowarta.com – Memodifikasi Lampu Mobil tanpa memperhatkan sisi keselamatan bagi pengguna jalan lain memang sangat berbahaya, seperti contohnya menggunakan lampu depan yang terlalu silau atau mengganti lampu warna rem menjadi putih.

Dikutip dari laman Liputan6, lampu mobil yang memiliki sinar terlalu terang, bisa membuat pengguna lain yang ada didepannya akan merasakan silau. Dan hal inilah yang dianggap menjadi salah satu pemicu kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Harga Yamaha Lexi dan Beragam Kelebihannya

Namun jika pemilik mobil masih tetap nekat dengan mengganti lampu tak standar, maka nantinya jangan heran jika anda haruslah berurusan dengan pihak kepolisian jika bertemu mereka dijalan nanti.

Copyright ©Mobilupdate

Karena hal ini sudah diatur dalam undang-undang RI nomor 22 Tahun 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 279. Dalam pasal itu telah tertulis jika setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 58 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

Baca juga: Fitur Canggih yang Hadir di Motor Listrik TVS, Layaknya Mobil Mewah

Pihak pabrikan sebenarnya telah mengatur untuk lampu mobil yang sesuai dengan fungsinya, dimana lampu depan kendaraan terbuat dari mika yang berwarna bening, sehingga akan memiliki pancaran cahaya yang memecah serta memudar.

Fungsi utama dari lampu mobil ini adalah sebagai pencahayaan agar pengemudi bisa melihat kondisi jalan didepannya dengan jelas. Sementara itu untuk bagian belakang telah didesain dengan menggunakan kaca mika berwarna merah, dan pancaran sinarnya pun juga meredup untuk tanda kendaraan sedang melakukan pengereman.

Jika diganti dengan menggunakan varian warna putih bening, maka nantinya bisa menghasilkan cahaya yang begitu terang sehingga membuat pengendara dibelakang kaget dan silau.

Baca juga: Motor Listrik Roda 3 Anti Hujan, Cocok Untuk Emak-emak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here