Pengamat Minta agar Cawapres Bersikap Dwitunggal, Tidak Jadi “Ban Serep” !

0
331
Copyright©kompas

Pengamat Soroti Cawapres, Jangan Jadi “Ban Serep” !

Indowarta.com – Directur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati yang melihat sosok-sosok yang telah dikabarkan akan menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu Presiden atau Pilpres 2019. Menurut Enny, wakil presiden jangan hanya dijadikan sebagai “ban serep” saja bagi presiden.

Baca Juga : Kandidat Cawapres bagi Prabowo Mengerucut Jadi Lima Orang, Siapa Saja ?

Maknanya, Enny yang menyoroti jika nantinya presiden dan wakil presiden harus bersikap dwitunggal. Walaupun sebagai dua individu yang berbeda serta dengan latar belakang yang berbeda pula, tetapi mereka juga harus melakukan tujuan yang sama. “Kalau lihat selama ini kalau banyak orang bilang hanya ‘ban serep‘,” kata Enny dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta, Jumat (20/7/2018).

WAJIB BACA :  Cerita Fachrul Razi dan Surat Pemberhentian Prabowo yang Bocor !
Pilpres 2019
Copyright©okezone

Seperti dalam sistem kabinet presidensial, tambah Enny yang paling penting adalah presiden dan wakil presiden berperan sebagai dwitunggal. Bahkan, posisi dari presiden dan wakil presiden setara.

“Posisinya sama-sama leader (pemimpin),” tutur Enny.

Oleh karena itu, dalam Pilpres 2019, Enny berharap capres harus cerdas saat memilih cawapres yang bakak mendampingi dirinya dan menjadi mitra kerjanya. Capres yang harus menentukan jika cawapres yang bakal dipilihnya bukan lah hanya “ban serep”, namun merupakan sosok yang mempunyai visi dan misi yang sama dengannya.

Baca Juga : Mahfud Jadi Cawapres, Jokowi Disebut Bakal Lebih Mudah Satukan Umat !

Implementasinya yakni jika misalnya capres ingin memperkuat ekonomi, maka cawapres kemungkinan diberikan kewenangan untuk menggorinasikan tim ekonomi. Hal tersebut dilakukan terutama guna menyelesaikan ketersumbatan ego sektoral. “Itu baru tokoh yang mempunyai visi penyelesaian ekonomi sekarang menjadi relevan,” tutur Enny.

WAJIB BACA :  Jurkam Prabowo Menduga, Suap Meikarta Ada Kaitannya ke Timses Jokowi !

Namun, jika wapres hanya berperan sebagai politis dan diposisikan sebagai “ban serep”, sudah pasti hal tersebut bakal membuat penyelesaian masalah ekonomi nasional bakal kesulitan. Diharapkan capres baiknya mencari figur cawapres yang benar-benar mengerti akar pokok permasalahan.

Dan mau menyelesaikan persoalan. Tinggal komitmen dari pasangan capres dan cawapres seperti apa yang ditawarkan dari program-programnya,” ucap Enny.

Baca Juga : Pilpres 2019 Jokowi Pamer Cawapres, Bakal Pilih Siapa ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here