Umat Islam Wajib Tahu, Berikut Ini 5 Pelajaran Penting yang Dapat Dipetik dari Peristiwa Isra Miraj

Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting dalam agama Islam yang merujuk pada perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW

Umat Islam Wajib Tahu, Berikut Ini 5 Pelajaran Penting yang Dapat Dipetik dari Peristiwa Isra Miraj
image

 

JawaPos.com - Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting dalam agama Islam yang merujuk pada perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjid Al-Aqsa di Yerusalem dalam waktu satu malam (Isra). Kemudian perjalanan dari Masjid Al-Aqsa Yerusalem ke langit ketujuh (Miraj).

 Baca Juga: ‚Äč3 Negara Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2026, FIFA Resmi Umumkan New York Jadi Lokasi Pertandingan Finalnya!

Peristiwa ini terjadi pada malam yang dikenal sebagai "Lailat al-Isra" atau "Malam Isra", yang terjadi pada tanggal 27 bulan Rajab dalam kalender Islam. Pada peristiwa ini, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan para nabi serta menerima perintah-perintah Allah SWT terhadap umat islam.

Dilansir dari anakbrunei, pada Senin (5/2), terdapat 5 pelajaran yang dapat dipetik dari peristiwa Isra Miraj, yakni sebagai berikut:

  1. Pentingnya iman

Peristiwa Isra Miraj menunjukkan betapa pentingnya memiliki keimanan yang kuat dan menjaga hubungan yang erat dengan Allah SWT. Kisah ini mengajarkan bahwa dengan keyakinan yang teguh dan komitmen yang kuat, hal-hal yang tampaknya tidak mungkin terjadi pun dapat diwujudkan.

  1. Ketekunan dan ketangguhan

Perjalanan Nabi Muhammad SAW bukanlah perjalanan yang mudah. Perjalanan tersebut merupakan perjalanan yang penuh dengan tantangan dan ujian yang menguji batas keberanian dan keyakinan. Namun, melalui ketekunan dan ketangguhan yang besar, Nabi Muhammad SAW dapat melalui berbagai rintangan dengan ketangguhan yang patut dicontoh. Kesulitan yang dihadapinya selama perjalanan dapat mengajarkan kita pentingnya tetap berkomitmen pada tujuan kita serta tangguh dalam menghadapi segala tantangan.

  1. Pentingnya melaksanakan salat

Selama perjalanan, Nabi Muhammad SAW menerima perintah-perintah dari Allah SWT, salah satunya adalah perintah salat.

Shalat merupakan salah satu dari lima pilar dalam agama Islam. Umat Islam dapat membangun hubungan yang kokoh dengan Allah SWT melalui shalat yang menegaskan bahwa shalat bukan hanya sekadar rutinitas, tetapi juga jembatan yang menghubungkan hati manusia dengan Allah SWT.

  1. Hubungan antaragama

Peristiwa Isra Miraj juga menyoroti pentingnya hubungan antaragama yang terlihat ketika Nabi Muhammad SAW dibawa ke situs suci Yerusalem, tempat yang dianggap suci oleh umat Islam dan juga orang-orang Yahudi.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow